BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pemerintah Kabupaten Klungkung secara berturut-turut berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Klungkung Tahun Anggaran 2019. Bahkan, Kabupaten Klungkung ditetapkan meraih WTP sebanyak 5 kali berturut-turut sejak 2015-2019.

Penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemkab Klungkung diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat BPKPD Kabupaten Klungkung, Selasa (24/11/2020).

Bupati Suwirta menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Klungkung dalam mempertahankan opini WTP atas LKPD secara lima kali berturut-turut serta meraih 10 besar perencanaan pembangunan daerah tingkat nasional. Bupati Suwirta juga mengatakan bahwa WTP bukan tujuan semuanya, tetapi WTP ini sudah ada yang mengevaluasi dan yang paling penting seluruh jajaran bekerja secara maksimal dengan memberikan yang terbaik sesuai spirit Gema Santi. “Jangan terlalu terlena dengan WTP berturut-turut, WTP harus dikawal dengan baik,” ujar Bupati Suwirta dengan raut wajah gembira saat menerima penghargaan.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Puji Pelaku UMKM Bali Selalu Punya Kreasi dan Inovasi di Tengah Pandemi

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Klungkung karena telah berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK selama lima kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak mudah, apalagi dari tahun ke tahun tantangan dan kriteria dari WTP itu semakin berat. Bahkan sekarang ini, pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan, namun juga merambah ke kinerja.

“Dari pengamatan kami selama setahun, Klungkung memang paling baik. Kinerja Pemkab Klungkung memang luar biasa. Ini prestasi, dan tidak mudah mempertahankan dengan kriteria yang semakin bertambah,” ujar Tri Budhianto.

Selain menerima piagam penghargaan, Pemkab Klungkung juga menerima plakat WTP karena telah mampu mempertahankan opini WTP selama lebih dari lim kali berturut-turut dan dilanjutkan dengan sharing session pelaksanaan anggaran daerah tahun 2020 yang bersumber dari APBN.

Baca Juga :  Mengenai “Pariwisata Halal”, Menparekraf Tegaskan Bahwa Bali Tetap Jadi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Luh Ketut Ari Citrawati, Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung I Made Seger, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, serta Kepala Dinas Pendidikan. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here