Beasiswa
Tahapan pengumpulan dan verifikasi berkas fisik..pendaftar di GOR Krisna Jvara. Sumber Foto : Humas Jembrana

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANAPendaftaran beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Jembrana resmi ditutup. Pendaftaran yang dilakukan secara online melalui aplikasi Sibaja diikuti 846 orang mahasiswa. Mereka akan berebut kuota 800 orang untuk mendapatkan beasiswa kuota pencairan pada  gelombang kedua.

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Jembrana, I Komang Tri Laksmana didampingi Kasi Pemberdayaan Pemuda dan Kepramukaan, Ida Bagus Eka Ariana ditemui Selasa (24/11/2020), mengatakan pedaftaran pada gelombang kedua ini sudah resmi ditutup dengan tahapan pendaftaran secara online dimulai tanggal 14 Oktober sampai 19 Nopember. Sedangkan pengumpulan berkas dari tanggal 19 Oktober hingga 19 Nopember.

Saat ini sedang memasuki tahap verifikasi berkas, termasuk pelampiran berkas secara fisik oleh panitia penerimaan untuk menentukan penerima sesuai kuota.

Baca Juga :  Terkendala Regulasi dan Kewenangan, I Nengah Tamba Minta Para Korban Banjir Bandang Bersabar

“Kalau kita lihat, yang mendaftar secara online sudah melebihi kuota penerimaan. Selanjutnya tentu akan ada perangkingan untuk menentukan penerima. Perangkingan melalui besaran IPK,” papar Koming Tri.

Pada penerimaan kali ini, panitia kembali mensyaratkan minimal IPK sebagai syarat akademis. Masing-masing pelamar wajib memiliki  IPK minimal 3,3. Hal ini dikecualikan bagi mereka yang kuliah di  Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi serta Fakultas Teknis dengan minimal IPK 3,0.

Syarat lainnya mahasiswa bersangkutan sedang mengikuti perkuliahan secara aktif pada Tahun Pelajaran 2019/2020 dan telah melewati semester Genap (Semester II atau Semester IV atau Semester VI). Sedangkan maksimal mahasiswa bersangkutan pada tahun Pelajaran 2019/2020 sedang duduk di Semester VII.

“Khusus bagi mereka  yang sedang kuliah di perguruan tinggi swasta, wajib melampirkan Foto Copy Sertifikat dan Surat Keputusan Akreditasi Peringkat A Perguruan Tinggi dari BAN-PT,” sambungnya.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Puji Pelaku UMKM Bali Selalu Punya Kreasi dan Inovasi di Tengah Pandemi

Program beasiswa pendidikan dirancang Pemkab Jembrana untuk membantu dana pendidikan bagi mahasiswa Jembrana yang sedang menempuh pendidikan tinggi. Selain itu, bertujuan memotivasi pemuda Jembrana, meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik  dengan mensyaratkan IPK. Masing-masing penerima mendapatkan beasiswa  per semester sebesar Rp3 juta. Periode pencairan  selama dua  kali dalam kurun waktu 1 tahun.(agg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here