Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November merupakan momentum untuk mengenang sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Bung Tomo saat melaksanakan Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 silam.

Peristiwa 75 tahun yang lalu di Kota Surabaya tersebut adalah bentuk perlawanan sejati Bangsa Indonesia yang dilakukan Arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan melawan kolonial dalam hal ini Sekutu yang dibonceng NICA untuk kembali ingin menguasai Indonesia pasca Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

“Kita bisa menunjukkan bahwa kemerdekaan yang kita peroleh bukanlah perjuangan mudah, dan harus kita pertahankan. Sikap kepahlawanan yang sejati dengan penuh patriotik telah mampu memberikan perlawanan yang sepadan kepada kolonial dan hasilnya sangat diakui,” ungkap Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, SH terkait memaknai Hari Pahlawan di Makorem 163/Wira Satya, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, semangat juang para pahlawan harus bisa memotivasi dan memberikan energi bagi Bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik. Tugas generasi penerus adalah merawat dan memelihara hasil-hasil perjuangan pahlawan dan mengisi dengan pembangunan yang bermanfaat bagi kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan semua.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

“Disaat dalam segala kesusahan, keterbatasan, ada ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, para pahlawan mampu berbuat terbaik dan maksimal yang diwariskan kepada kita saat ini. Seyogyanya kita yang saat ini hidup dengan segala kemudahan walaupun tantangannya tidak juga ringan maka harusnya bisa berbuat sepadan dan lebih baik,” imbuh Danrem.

Danrem mengilustrasikan para pahlawan zaman dulu berjuang mengangkat senjata dan berkorban jiwa raga demi mempertahankan harga diri bangsa dalam sebuah kemerdekaan, maka bagi kita yang saat sekarang tidak lagi angkat senjata maka harus juga mampu mengisi pembangunan, menjaga integritas persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :  Dukung Program Deligi, TP PKK Kota Denpasar Jajaki Kerja Sama dengan Unmas Denpasar

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini tentu dalam suasana berbeda, dimana kita sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda dan butuh perhatian semua pihak.

Setidaknya dalam konteks Hari Pahlawan, dalam menghadapi pandemi ini setiap orang bisa menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan juga akan berarti bagi orang lain dan lingkungannya.

“Selamat Hari Pahlawan, semoga semangat Hari Pahlawan bisa memberikan motivasi bagi kita semua untuk menghadapi segala kesulitan yang ada termasuk dalam menghadapi Covid-19 tanpa merasa lelah dan saling menyalahkan serta berharap pandemi ini cepat berlalu,” pungkasnya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News