Sampah Plastik
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANANAksi sosial berupa penukaran sampah plastik dengan beras terus berlanjut di beberapa tempat di Kabupaten Tabanan. Hal itu juga dilakukan aparat Desa Meliling, Kerambitan, dan Karang Taruna Desa Meliling, di Balai Banjar Jagatamu, Minggu (8/11/2020).

Sekitar lima kuintal beras disiapkan untuk ditukarkan dengan sampah plastik dari masyarakat. Aksi sosial juga dalam rangka membantu masyarakat pada masa pandemi Covid-19 itu, juga disponsori Plastic Exchange dan Let’s Help Bali Covid-19, dengan membantu 150 paket sembako untuk masyarakat setempat.

Ketua Karang Taruna Desa Meliling, I Made Wisnu Dwi Udayana menjelaskan bagaimana kita melihat dan mengedukasi masyarakat terhadap sampah sehingga nantinya sampah ini dapat bermanfaat bagi mereka seperti kegiatan ini menukarkan sampah dengan beras.

“Jati diri, kemakmuran dan lingkungan merupakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini sehingga memberikan manfaat lebih bagi masyarakat yang peduli dengan sampah,” jelas Wisnu.

Sementara itu Perbekel Desa Meliling, I Made Sudarya mengharapkan melalui program ini, sampah tidak hanya dibuang begitu saja, namun juga bisa dimanfaatkan dengan menukarkan dengan beras, telor dan mie instan. Kegiatan tersebut sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga :  Dorong Koperasi “Go Digital”, Diskop dan UMKM Denpasar Gelar Diklat IT

“Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka dan kami terus memberikan pengertian untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan jika diluar rumah dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelas I Made Sudarya.

Untuk sampah plastik yang dikumpulkan warga, setiap dua kilogram sampah bisa ditukarkan dengan satu kilogram beras. Dan, hal ini membuat masyarakat setempat merasa senang dan bersemangat. Salah satu warga yang menerima beras merasa senang dan berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19.

“Senang sekali rasanya, selain lingkungan di sekitar menjadi bersih kami pun terbantu dengan bantuan sembako ini,”ungkapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here