Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGGugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng mulai melakukan swab masal untuk para ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Kali ini, giliran ASN di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Buleleng yang menjalani tes swab. Test swab ini merupakan pelacakan secara massif yang diintruksi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk mendeteksi awal ASN yang terjangkit Covid-19.

Tes swab masal dilakukan di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Rabu (4/11/2020). Ada sebanyak 98 ASN lingkup Setda Buleleng yang mengikuti tes dan diambil sampelnya. Tes swab juga diikuti oleh para Pimpinan di Setda Buleleng seperti Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd, para Asisten Setda Buleleng, dan para Kepala Bagian.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Puji Gerakan Tanam Cabai di Hutan Kota Banyuasri Buleleng

Ditemui usai menjalani tes swab, Sekda Buleleng yang juga menjabat sebagai Sekretaris GTPP Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengatakan, GTPP Buleleng menargetkan 200 ASN yang diswab setiap harinya. Suyasa menambahkan, hari ini tes swab juga dilakukan kepada TNI dan Polri.

“Kita juga dibatasi oleh petugas swab sekitar 200 sampai 300 perhari. Belum lagi hasil tracing yang terkonfirmasi. Itu kan harus ditracing juga dan dilakukan swab juga,” katanya.

Masih kata Suyasa, tes swab masal ini akan terus berlanjut sampai Bulan Desember. Suyasa mengatakan, jika ada ASN yang hasilnya positif akan langsung dibawa ketempat karantina yang di sediakan oleh Pemprov Bali. Ia menambahkan, tidak akan ada penutupan kantor jika ada salah satu ASN yang terkonfirmasi positif.

“Ini kan asimtomatik ya, begitu ada yang positif asimtomatik kita langsung kirim ke tempat karantina di Provinsi. Kalau kantornya, kita lihat dulu, ini kan kasus per kasus jadi tidak perlu nutup kantor. Dan yang dites sekarang secara fisik sehat, cuma kita mau lihat dalam tubuhnya ada Covid-19 atau tidak,” jelasnya.

Baca Juga :  Komitmen Kendalikan Inflasi, Lahan Hutan Kota Banyuasri Ditanami 12.000 Bibit Cabai

Sementara itu, salah satu ASN Setda Buleleng yang mengikuti tes swab, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setda Buleleng Ketut Suwarmawan, S.STP.,M.M mengungkapkan tes swab kali ini merupakan yang kedua kali baginya. Sehingga tidak ada persiapan ekstra yang dilakukan. Hanya saja dirinya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya juga tetap mengkonsumsi jamu herbal untuk menjaga imunitas tubuh. Serta segala anjuran dari pemerintah saya tetap jalani,” pungkasnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News