Donor Plasma Konvalesen
Wakil Bupati Klungkung Made Kasta meninjau donor plasma konvalesen di Kodim 1610/Klungkung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Kodim 1610/Klungkung mengkoordinir pelaksanaan donor plasma konvalesen wilayah Bali Timur terhadap sejumlah warga yang telah sembuh dari Covid-19, Kamis (1/10/2020).

Donor plasma konvalesen ini diikuti oleh 21 orang penyitas yang sudah melaksanakan uji laboratorium screening sample darah sehari sebelumnya dan dinyatakan memenuhi syarat kesehatan untuk pengambilan darah yang selanjutnya akan diproses menjadi plasma di UTD PMI Bali.

“Hari ini kita laksanakan donor plasma konvalesen yang diikuti oleh 21 warga yang telah sembuh dari Covid-19,” ujar Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M.Tr. (Han).

Lanjutnya, pendonor berasal dari tiga kabupaten, yaitu Bangli, Klungkung dan Karangasem yang telah dikoordinir oleh masing-masing Kodim. Kegiatan ini juga dilaksanakan serangkaian menyambut HUT ke-75 TNI.

Dandim mengatakan terselenggaranya kegiatan donor plasma konvalesen ini dimaksudkan untuk dapat membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan ketersediaan plasma kovalesen akan dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien positif Covid-19.

Wakil Bupati Klungkung, Made Mangku Kasta, S.Sos menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dandim 1619/Klungkung selaku Dansubsatgas Penanganan Covid-19 di wilayah Klungkung dalam pelaksanaan donor plasma kovalesen yang sangat bermanfaat bagi pasien positif Covid-19.

Baca Juga :  Lab PCR Buleleng Segera Rampung, Capai 45 Tes Sehari

“Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan demi kepentingan kemanusiaan sehingga penyembuhan pasien positif Covid-19 dapat segera teratasi dengan cepat dan aman,” kata Wabup Kasta.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka HUT ke-75 TNI donor plasma kovalesen telah dilaksanakan di Aula Makorem 163/Wira Satya pada 29 September 2020 lalu, dan kali ini di Makodim 1610/Klungkung. Selanjutnya pada 4 Oktober 2020 mendatang akan dilaksanakan di Makodim 1609/Buleleng. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar