Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Melakukan edukasi safety riding di tengah kondisi menjalankan adaptasi kebiasaan baru, menjadi tantangan tersendiri bagi Astra Motor Bali selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Bali untuk selalu mensosialisasikan kampanye berkendara yang baik dan benar di jalan raya.

Dengan memanfaatkan media digital, aktivitas safety riding saat ini secara rutin tetap dilakukan dengan cara seminar online atau yang sering disebut webinar. Begitu juga yang dilakukan pada Rabu (23/9/2020), Astra Motor Bali berkolaborasi dengan Polda Bali menggelar webinar Safety Riding untuk mahasiswa/i dari ITB STIKOM Bali.

Diikuti oleh  44 mahasiswa/i, edukasi safety riding diawali dengan pemaparan kondisi penyebab kecelakaan lalu lintas yang salah satunya karena tidak menggunakan helm saat menggunakan sepeda motor yang diterangkan oleh  Kasi Managemen Operasional Rekayasa Subdit Kamsel Ditlantas Polda Bali Anak Agung Gde Oka.

Dalam pemaparannya disampaikan saat ini masyarakat sudah mulai padat melakukan aktivitas guna memenuhi kebutuhannya. Alat transportasi dan ruang lalulintas menjadi perhatian utama karena diperlukan lalulintas yang nyaman dan aman saat masyarakat berkendara sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024, Terbesar di Indonesia

“Memelihara keamanan, ketertiban dan membangun budaya sadar diri berlalulintas yang tertib menjadi konsen utama dan diharapkan masyarakat mulai menjalankannya, seperti misalnya melakukan pengecekan fisik kendaraan, cek stnk, kelengkapan berkendara dan dipastikan tidak dalam pengaruh alcohol. Hal ini penting dilakukan oleh siapapun yang akan berkendara menggunakan sepeda motor dan ditambahkan bahwa menggunakan masker untuk saat ini adalah hal wajib dilakukan sesuai protokol kesehatan. Kami berharap masyarakat terutama mahasiswa yang saat ini sedang melakukan webinar ini, konsisten untuk memekai helm dan menggunakan masker saat keluar rumah dengan sepeda motor, jangan dibalik, menggunakan masker tapi tidak menggunakan helm, karena keduanya sama-sama penting untuk keselamatan dan untuk kesehatan,” ungkap  Anak Agung Gde Oka.

Selaras dengan informasi dari Polda Bali, team safety riding Astra Motor Bali yang di pandu oleh Yosept Klaudius menyampaikan dalam materinya bahwa jika membahas safety riding tentunya berhubungan dengan kecelakaan dilalulintas. Karena faktor utama penyebab kecelakaan adalah dari dominan faktor manusia karena kurangnya pengetahuan berkendara yang tepat, tehnik berkendara, kondisi fisik dan emosional.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

”Selama berkendara dijalan raya selain dari faktor manusia, perlu juga memperhatikan aspek lingkungan yaitu kondisi jalan , kondisi cuaca,pengguna jalan lain. Maupun dari sisi berkendara diantaranya perawatan yang kurang baik dan modifikasi yang berlebihan/tidak tepat,” papar Yosept.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan webinar kali ini menyasar mahasiswa sebagai salah satu user yang aktif dijalan raya. Harapannya dengan konsistennya melakukan edukasi dan sosialisasi safety riding dapat mematangkan keterampilan peserta dalam mengendarai sepeda motor secara aman untuk dirinya sendiri dan untuk orang lain.

Baca Juga :  Sambut Mudik Lebaran, Astra Motor Bali Hadirkan Layanan AHASS Siaga Plus di Jembrana

“Dengan tajuk yang diangkat pada webinar kali ini adalah Sarjana #Cari_Aman serta Helm & Masker Melindungimu, kami berharap dapat menambah pengetahuan dan etika berkendara yang benar, karena penyebab kecelakaan lebih besar karena prilaku berkendara yang kurang tepat dan disiplin selama berkendara,” ungkap Ngurah Iswahyudi.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News