Sumber Foto : Humas Denpasar

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan rahina Buda Kliwon Dungulan, dilaksanakan upacara Mejaya-jaya dan Pengukuhan Bendesa Desa Adat Sesetan masa bakti 2020-2025 yang dilaksanakan di Pura Desa, Desa Adat Sesetan, pada Rabu (16/9/2020) kemarin.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung, anggota DPRD Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, IGN. Bagus Mataram, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha, perwakilan Majelis Desa Adat Kota Denpasar, LPM dan LPD, serta Tokoh Masyarakat Desa setempat.

Ketua Panitia Pengukuhan Bendesa Adat Sesetan, Putu Meding Edie Gunarta mengatakan rentetan acara pengukuhan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Sesetan Periode 2020–2025 diawali dengan parum desa paripurna serta masyarakat menetapkan Bendesa Adat Sesetan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020 lalu. Sebelumnya juga dilaksanakan proses penyusunan peraturan terkait penetapan bendesa dengan acuan Perda Provinsi Bali No.4 tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. Adapun yang pertama dilaksanakan pada paruman desa adat tersebut yaitu pengesahan peraturan-peraturan penetapan bendesa adat, setelah itu mengesahkan calon bendesa yang terpilih.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Selabih Sosialisasikan WBK Polres Tabanan Menuju WBBM

Lebih lanjut dikatakannya, pada tanggal 16 September 2020 telah dilaksanakan prosesi Mejaya – jaya serta dilanjutkan Pengukuhan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Sesetan. “I Made Widra terpilih sebagai Bendesa Desa Adat Sesetan periode 2020-2025, Selain Bendesa juga dikukuhkan Petajuh atau Wakil Bendesa yaitu I Nyoman Sujana, Penyarikan I dan II atau Sekretaris I Wayan Dudik Mahendra dan I Gede Antara Jaya, dan Petengen I dan II atau Bendahara I Wayan Budiarta dan I Wayan Sudiarta Jaya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, krama Desa Adat Sesetan serta semua komponen yang terlibat dalam pemilihan ini.

Sementara itu Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengucapkan selamat dengan telah dikukuhkannya Jro Bendesa Adat Sesetan yang baru yaitu, I Made Widra oleh Majelis Desa Adat Denpasar. Tentu harapan kami kedepan bisa membngun sinergitas membangun Kerjasama dengan pemerintah Kota Denpasar terutama didalam menjaga Denpasar ini agar lebih aman, tertib khususnya di dalam pemberdayan adat. Apalagi sekarang ada undang-undang Pemajuan Kebudayaan tentu Denpasar yang kota berbasis budaya ini sangat perlu dukungan dari desa adat.

Baca Juga :  Serangkaian Denfest ke-13, Widya Sabha Kota Denpasar Gelar Lomba Utsawa Dharma Gita

“Semoga dengan dilaksanakannya pengukuhan ini, diharapkan dapat menuntun masyarakat menjadi sejahtera serta segala tujuan dan harapan dalam mengemban amanat masyarakat  sebagai Bendesa di Desa Adat Sesetan dapat tercapai serta kita bisa bekerja sama dalam menjaga dan memajukan Desa Adat Sesetan khususnya juga untuk Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.(humas-dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here