Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pemerintah Kabupaten Klungkung menerima bantuan Kalium Iodat (KIO3) dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar. Bantuan tersebut diterima langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan diserahkan kembali kepada perwakilan pelaku usaha garam tradisional bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Selasa (29/9/2020).

Dua pelaku usaha UMKM garam tradisional di Kabupaten Klungkung yang menerima bantuan KIO3, yakni Koperasi LEEP Mina Segara Dana dan CV Natural Bali Kul-Kul.

Bupati Suwirta menyampaikan terimakasih dan berharap bantuan yang diberikan ini bisa membantu menjaga kualitas serta kuantitas produksi dari garam beryodium di Kabupanten Klungkung. Pihaknya semakin gencar mempromosikan garam beryodium dengan label “Uyah Kusamba” yang sudah dilengkapi dengan indikasi geografis, izin edar hingga label SNI.

“Semoga bantuan Kalium Iodat dari BPOM ini bisa menjaga kualitas garam beryodium yang diproduksi,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Sementara itu, Kepala BBPOM di Denpasar, Ni Gusti Ayu Nengah Suamingsih mengatakan pemberian bantuan ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung dan memberdayakan pelaku usaha UMKM garam tradisional di Kabupaten Klungkung. Para pelaku usaha ini masing-masing mendapatkan bantuan KIO3 sebanyak 2 kilogram.

“Fortifikasi Iodium penting bagi para petani garam karena zat ini harus ada pada garam beryodium,” ujar Suamingsih.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan pelaku usaha bertanggung jawab atas penggunaan barang tersebut untuk digunakan dalam proses produksi dengan ketentuan perundang-undangan tentang garam konsumsi beryodium.

“Barang tidak akan diperjualbelikan atau dipindahtangankan ke pihak manapun. Perusahaan berkomitmen akan selalu melakukan monitoring penambahan fortifikan dalam proses produksinya sehingga produk yang dihasilkan memenuhi syarat kadar KI03,” pungkasnya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News