Sumber Foto : Humas UGM

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTASebanyak 197 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Belmawa Kemendikbud). Jumlah tersebut merupakan paling banyak dibandingkan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

“Ada 197 proposal PKM 5 bidang UGM yang berhasil lolos didanai Kemendikbud dan menjadi yang terbanyak secara nasional. Kita tentu senang dan mensyukuri capaian ini,”ungkap Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman, Ph.D., saat dihubungi Kamis (6/8/2020).

Diposisi lima besar nasional, setelah UGM ada Universitas Diponegro diurutan kedua yang meloloskan 128 PKM. Diikuti Universitas Hasanuddin 113 PKM, Universitas Brawijaya 111 PKM, dan UNS 103 PKM.

Dia menjelaskan bahwa UGM mengajukan sebanyak 600 proposal PKM 5 bidang. Namun, dari jumlah tersebut baru 197 proposal yang lolos memperoleh dana hibah Kemendikbud.

Sebanyak 197 proposal PKM UGM yang mendapatkan dana hibah penelitian tersebut meliputi 27 PKM Kewirausahaan, 44 PKM Karsa Cipta, 15 PKM Pengabdian Masyarakat, 88 PKM Penelitian Eksakta, 17 PKM Penelitian Sosial Humaniora, dan 6 PKM Teknologi.

Baca Juga :  Pakar UGM Jelaskan Malaise Gejala Ringan Pasien Covid-19

Suherman menyebutkan keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja keras dan semangat seluruh tim PKM UGM. Selain itu juga dukungan dosen pembina dan pendamping PKM, fakultas serta universitas.

“Selamat pada tim PKM UGM yang lolos didanai dan kami sampaikan penghargaan sebesar-besarnya untuk dosen pembina dan pendamping PKM UGM, serta pimpinan fakultas dan universitas atas dukungannya,” katanya.

Dia menyampaikan seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses monitoring dan evaluasi (monev). Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer Kemendikbud berhak maju menuju PIMNAS ke-33 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang secara virtual.

“Kita siapkan tim sebaik mungkin agar bisa sukses dalam pelaksanaan PKM, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini. Semoga dengan kesolidan dan kerja keras tim PKM UGM nantinya akan banyak yang lolos PIMNAS 2020,” tuturnya.

Tak menjadi menjadi perguruan tinggi yang berhasil meloloskan proposal PKM 5 bidang terbanyak, UGM juga berhasil menjadi yang terbanyak mololoskan  proposal PKM bidang Artikel Ilmiah (AI), Gagasan Tertulis (GT), dan Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK) yang mendapatkan dana hibah Kemendikbud 2020. Totalnya ada 31 proposal meliputi 7 PKM AI, 15 PKM GT, dan 9 PKM GFK. (ika/humas-ugm/bpn)