Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di Tabanan, jajaran Kodim 1619/Tabanan bersama Polres Tabanan dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, serta unsur perangkat desa dan desa adat, bersatu melaksanakan pendisiplinan masyarakat.

“Kami akan terus gelar operasi pendisiplinan masyarakat ini, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan,” ungkap Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, Sabtu (22/8/2020).

Menurutnya, segala upaya yang dilakukan pemerintah hendaknya didukung juga oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Media massa pun agar turut mendukung kegiatan pendisiplinan masyarakat ini, baik itu media elektronik, cetak, maupun online.

“Media dalam hal ini memiliki peran strategis dan penting dalam menyampaikan informasi, sekaligus sebagai media publikasi, sehingga dapat memberikan edukasi masyarakat untuk senantiasa mengikuti anjuran pemerintah, melaksanakan protokol kesehatan, demi kesehatan bersama,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Buka Acara Sosialisasi Pendataan Awal Desa Presisi di Selemadeg Timur

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa sesuai rilis GTPP Kabupaten Tabanan, kasus positif Covid-19 di Tabanan masih mengalami tren kenaikan. Kasus kenaikan tersebut cenderung karena transmisi lokal, penularan yang terjadi antarwarga yang ada di wilayah tersebut.

“Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan itu sangat penting untuk melindungi warga, seperti wajib pakai masker dan digunakan dengan benar, rajin cuci tangan pakai sabun atau penyanitasi tangan, dan jaga jarak aman sekitar satu meter hingga dua meter antarorang. Dengan demikian diharapkan kasus transmisi lokal dan kasus positif Covid-19 ini bisa dikurangi di Tabanan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Sembahyang Pujawali di Pura Luhur Muncak Sari

Aparat TNI dan Polri setiap hari dikerahkan bersama instansi dan unsur terkait, untuk melakukan pendisiplinan masyarakat. “Semoga dengan usaha bersama yang kami lakukan secara masif untuk mendisiplinkan masyarakat ini, dapat melindungi masyarakat dari wabah pandemic Covid-19,” tegas Toni.

Sementara Perwira Seksi Operasi Kodim 1619/Tabanan, Kapten Inf. Putu Sumarnia, selaku koordinator kegiatan tersebut, mengatakan, operasi pendisiplinan masyarakat dilaksanakan di beberapa tempat. Antara lain di Pasar Tradisional Baturiti dengan kekuatan 15 personel, dipimpin Danramil 1619-07/Baturiti Kapten Inf. Ketut Suparta.

Baca Juga :  Polsek Tabanan Cek Harga Bahan Pokok Beras

Begitu juga kegiatan yang sama di Pura Desa Marga, Kecamatan Marga, berkekuatan 15 personel, dipimpin Danramil 1619-06/Marga Kapten Inf. Made Widiarta. Juga di Objek Wisata The Blooms Garden di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, berkekuatan 15 personel, dipimpin Babinsa Candikuning, Pelda Subawa. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News