Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG Pasca kebakaran di pasar pagi Desa Adat Penarungan yang terjadi pada Selasa (4/8/2020) dini hari kemarin, siangnya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta seusai mengikuti Sidang Paripurna DPRD meninjau langsung ke lokasi kejadian kebakaran.

Kehadiran Bupati didampingi oleh anggota DPRD Badung Nyoman Satria dan Made Yudana, Kadis Kebakaran dan Penyelamatan I Wayan Wirya, Kadis PUPR IB. Surya Suamba dan Kepala BPBD Bagus Nyoman Wiranata. Setibanya di lokasi kejadian, Bupati disambut Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Pj. Perbekel Penarungan Wayan Narayana, Bendesa Adat Penarungan Made Widiada, LPM dan tokoh masyarakat setempat dan pedagang yang menjadi korban kebakaran.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Terima Penghargaan Tertib Ukur dari Pemkab Badung

Musibah kebakaran itu menghanguskan 20 unit lapak pedagang yang ada di pasar tersebut dengan perkiraan kerugian materiil sekitar Rp100 juta.

Di sela-sela peninjuan lokasi kebakaran, Bupati Giri Prasta menyampaikan akan segera melakukan perbaikan terhadap atap bangunan pasar yang rusak terbakar. “Kami di Kabupaten Badung memiliki unit reaksi cepat dalam menanggulangi bencana. Apalagi dalam musibah kebakaran 15 menit waktu respon time yang dimiliki oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bekerja. Disini kita terapkan cross cutting program terhadap 3 atau 4 OPD yang bertugas bersamaan. Bagaimana kita menyelamatkan bangunan yang terbakar, menyelamatkan orang maupun menyelamatkan bangunan yang ada di sekitarnya. Dan mulai besok (Rabu) kami akan mulai bekerja untuk memperbaiki bangunan pasar ini, agar masyarakat dan pedagang kita tidak lama direlokasi,” tegasnya.

Baca Juga :  BPJS Sosialisasikan Program JKN kepada Badan Usaha se-Badung

Pada kesempatan itu Bendesa Adat Penarungan Made Widiada mewakili masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung dan jajaran pemerintah daerah yang memberikan respon sangat cepat dan sigap dalam menangani kebakaran Pasar Desa Adat Penarungan sehingga yang terbakar hanya pasar dan juga beberapa lapak pedagang serta tidak meluas dan membakar kios yang ada di sebelah pasar.

“Kami mewakili masyarakat Desa Penarungan menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati Badung atas respon cepat untuk memperbaiki bangunan pasar yang rusak akibat musibah kebakaran,” ujar Bendesa.(humas-bdg/bpn)