Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebuah event bertajuk “Fiesta Rujakan Sanur” akan digelar di area Pantai Segara, Sanur, pada 4-6 September 2020. Event perdana tersebut akan menyajikan kreasi, inovasi dan kolaborasi berbasis komunitas warga Sanur.

Ketua Panitia Penyelenggara, I Nengah Budi Hartawan mengatakan Fiesta Rujakan Sanur diadakan untuk menunjang dan menggairahkan kembali pariwisata khususnya di Sanur, serta sebagai momentum untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang UMKM.

“Karena seperti kita ketahui bersama, dampak Covid-19 ini telah membuat perekonomian nasional dan Bali tersendat. Dengan adanya event ini kami berharap ekonomi dan pariwisata kembali bergeliat,” ujarnya di Sanur, Senin (31/8/2020).

Untuk itulah Segara The Seaside Bar & Restaurant berinisiatif menggagas penyelenggaraan event ini.

Baca Juga :  Menggembirakan, ITDC Catat Angka Kunjungan Wisatawan Pecah Selama Libur Lebaran

Budi Hartawan yang sekaligus sebagai General Manager Segara The Seaside Bar & Restaurant menyampaikan, istilah “Rujakan” menggambarkan isi dari rujak berupa campuran buah dan bumbu. Dalam kaitan dengan event ini, dimaksudkan adalah campuran atau kolaborasi berbagai macam UMKM yang ada di Sanur dalam satu wadah, yaitu Fiesta Rujakan Sanur.

“Terdapat 34 tenant UMKM yang berpartisipasi,” imbuhnya.

Dalam kondisi pandemi saat ini, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menyediakan tempat mencuci tangan di beberapa titik serta membagikan 1.000 buah masker kepada pengunjung. Selain itu informasi dan transaksi dilakukan melalui QR Code dan cashless.

Kepala BRI Sanur, Abdul mengatakan pihaknya mensupport penyelenggaraan event ini dengan menyediakan transaksi cashless.

“Dengan melakukan scan QR Code atau unduh aplikasi Link Aja!, lalu top up, setelah itu bisa keliling melihat stand. Ini sebagai edukasi serta mendukung program pemerintah dan Bank Indonesia untuk penggunaan cashless,” ungkapnya.

Kepala Area Bali Link Aja!, Afrian Hindrawijaya menyampaikan saat ini cashless menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, transaksi menggunakan uang tunai/kartal sangat berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri FGD BPJS Ketenagakerjaan, Bahas Perlindungan Terhadap Pekerja Rentan di Kota Denpasar

“Transaksi berbasis cashless itu sangat mudah, tidak perlu membawa uang banyak dan tentunya dapat meminimalisir potensi penyebaran Covid-19,” paparnya.

Selain stand UMKM, dalam rangkaian Fiesta Rujakan Sanur juga dilaksanakan berbagai kegiatan pendukung, seperti beach clean up, lomba, coaching clinic tentang bartender serta hiburan musik dan seni budaya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News