Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri aksi sosial relawan dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali yang dipimpin Ibu Gubernur Bali, Ny Putri Koster di Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Sabtu (15/8/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Bali ke-62 dan HUT ke-75 RI tahun 2020 diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari organisasi Pecalang Bali, PMI, Orari, RAPI, Saeresque, Bali Resque, ACT dan organisasi lainnya.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya bersih-bersih pantai dari sampah plastik, penyemprotan disinfektan, dan fogging. Selain itu dilakukan pembagian sembako dan masker kepada anggota Sekaa Sorog Jukung, Sekaa Ponton, Sekaa Buruh Pelabuhan, Satgas Pecalang dan warga setempat.

Ny. Putri Koster mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang telah bekerja bergotong royong secara suka rela selama pandemi Covid-19. Kerjasama kolaborasi antara masyarakat dan relawan seluruh pemerintah di Bali selama ini sudah berjalan dengan baik sehingga aksi ini diapresiasi oleh pemerintah pusat.

Bagaimanapun beratnya permasalahan yang dihadapi jika dilakukan dengan gotong royong, salulung sabayantaka maka akan menjadi lebih ringan,” ujarnya.

Baca Juga :  TP PKK Kabupaten Tabanan Gelar Pelatihan Pokja dan Administrasi

Dibalik pandemi ini, menurutnya juga memberikan hikmah yang luar biasa bagi orang Bali. Dimana sebagian besar warga Bali kembali ke jati diri sebagai orang Bali.

“Saling mapitulung, tolong menolong , gotong royong, salunglung sabayantaka,” ungkapnya.

Namun dirinya mengingatkan, meskipun telah memasuki masa adaptasi era baru, selama virus ini belum benar-benar sirna dari bumi maka semua warga harus tetap waspada dan mengutamakan protokol kesehatan.

Kepada warga Kusamba, Ny. Putri Koster juga mengingatkan supaya mengkonsumsi garam Kusamba yang memiliki kualitas bagus. Apalagi, kini dengan dukungan Pemkab Klungkung garam tradisional Kusamba telah diproduksi mengandung yodium dan dikemas dengan standard SNI. (dar/bpn)