Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB), aparat gabungan di Tabanan yang terdiri atas TNI, Polri, dan instansi terkait, secara terus-menerus dan semakin masif melakukan kegiatan pendisiplinan masyarakat. “Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Pasiops Kodim Tabanan Kapten Inf. Putu Sumarnia, Jumat (21/8/2020).

Daam kegiatan tersebut, imbauan pun disampaikan kepada masyarakat, agar senantiasa mengikuti anjuran pemerintah terkait protocol kesehatan (prokes) yang wajib dilaksanakan. Antara lain selalu pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dan penyanitasi tangan, jaga jarak, dan juga menghindari kerumunan banyak orang.

Baca Juga :  Tujuh Desa di Kecamatan Pupuan Ikuti Bintek Tagana

Pendisiplinan masyarakat dilaksankan setiap hari, dan pada Jumat dengan menggelar patroli gabungan dari Kodim 1619/Tabanan, Polres Tabanan, dan Satpol PP Tabanan.

“Kegiatan patroli gabungan dalam rangka pendisiplinan masyarakat, yang secara terus-menerus untuk mencegah penyebaran Covid-19. Disinyalir masih ada warga yang belum disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga perlu diingatkan dan ditegur, agar semua terhindar dari Covid-19,” katanya.

Patroli kali ini menyasar ke tempat-tempat yang dianggap rawan terhadap penyebaran Covid-19, seperti sarana dan fasilitas umum, objek wisata, pasar, swalayan, dan tempat keramaian lainnya. “Kali ini kami disiplinkan warga di Lapangan Alit Saputra Tabanan, pengunjung atau wisatawan di DTW Tanah Lot, lanjut ke penjual dan pembeli di Pasar Desa Adat Beraban,” ujar Sumarnia.

Mekipun sebagian besar warga sudah melaksanakan prokes, namun masih ada beberapa warga yang tidak memakai masker, dengan alasan lupa atau buru-buru. Ada juga yang memakai masker, namun dipasang di dagu.

Baca Juga :  Polsek Kediri Sita Miras Arak Tradisional

Sementara pendisiplinan masyarkat juga di Pasar Tradisional Pupuan, yang dipimpin Danramil 1619-03/Pupuan Kapten Inf. Made Sudiarcana. Di Kecamatan Tabanan, hal serupa dilaksanakan di Masjid Agung Tabanan, dipimpin Danramil 1619-01/Tabanan Kapten Inf. I Wayan Supardi.

“Kegiatan pendisiplinan masyarakat ini akan dilakukan secara terus-menerus, agar masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19. Kita tentu berharap agar pandemi Covid-19 ini segera teratasi, sehingga kita pun dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” pungkas Sumarnia. (ita/bpn)