Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pandemi Covid-19 menimbulkan krisis ekonomi. Setidaknya 85 ribu rumah tangga dari 150 ribu rumah tangga di Kabupaten Sikka, Flores, mengalami kesulitan untuk mencari nafkah. Di Palu, sekitar 3.600 pekerja ekonomi informal menderita kerusakan parah pada kapasitas untuk mencari nafkah sebagai dampak Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Sementara itu, jumlah karyawan yang dirumahkan akibat dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Tabanan, Bali, terus bertambah. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tabanan per 14 April 2020 tercatat 716 orang dirumahkan dari 11 perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata, industri makanan, dan kebutuhan rumah tangga.

Melihat krisis yang terjadi saat ini, SOS Childrens Villages fokus memberikan bantuan dan dukungan kepada lebih dari 2.400 keluarga rentan, diantaranya lebih dari 4.600 anak di komunitas yang berlokasi di 10 kota Indonesia melalui Family Strengthening Program (FSP).

“Kami berkomitmen untuk setidaknya memastikan ribuan keluarga rentan ini mampu melewati krisis. Mereka terus kami dampingi agar anak-anak di dalam keluarga dapat tetap tumbuh dan berkembang meski dalam situasi sulit saat ini, baik dari kebutuhan pengasuhan setiap anak hingga mencarikan alternatif penghasilan bagi keluarga yang terdampak. Allianz Group membantu kami dalam mendukung tercukupinya kebutuhan yang esensial bagi ratusan keluarga, terutama di Palu, Bali, dan Flores,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Childrens Villages Indonesia.

Baca Juga :  Operasi Yustisi Cegah Covid-19 di Pasar Marga

Ratusan keluarga dampingan ini mendapatkan bantuan berupa Care Package dari Allianz berupa sembako, vitamin, susu, serta kebutuhan kebersihan untuk perlindungan kesehatan seperti sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan masker yang kemudian diberikan masing-masing untuk 140 keluarga di Bali, 142 keluarga di Palu, dan 353 keluarga di Flores. Bantuan diberikan melalui beberapa tahap prosedur kepada perwakilan desa di tiap komunitas dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kami ingin memberikan dukungan penuh bagi keluarga Indonesia yang saat ini sedang berjuang. Bekerja sama dengan SOS Childrens Villages, Allianz Group melalui Allianz Indonesia memberikan bantuan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini tentunya sejalan dengan salah satu pilar CSR kami, yaitu Lingkungan dan Penanggulangan Bencana,” kata Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.(dar/bpn)