Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Safari kamtibmas Polsek Selbar kali ini bersilaturahmi ke Bendesa Adat Pengereregan, I Gede Arsana, di Banjar Dinas Pengereregan Kaja, Desa Lumbung, Kamis (23/7/2020). Kegiatan sambang tersebut dipimpin Kapolsek AKP I Gusti Lanang Jelantik, S.H.

Dalam kesempatan tersebut, selain dalam rangka perkenalan, Kapolsek Selbar juga mengharapkan silaturahmi ini juga terjalin komunikasi dan sinergitas antara tokoh adat dan personel Polsek Selbar. “Hal itu dimaksudkan untuk menjaga stabilitas kamtibmas agar tetap kondusif,” ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) pada masa pandemi Covid-19 ini, Jelantik juga mengimbau tokoh adat bisa berperan dalam mengedukasi masyarakat, sehingga bisa mematuhi arahan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Di antaranya tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan, serta tetap jaga jarak aman antarorang.

Selain mengingatkan tentang kegiatan pencegahan Covid-19 dengan melakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, Jelantik pun menyinggung masalah penggunaan dana desa adat untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Bendesa adat diharapkan bersama pengurus adat bisa memanfaatkan dana yang ada itu sesuai aturan dan bisa tepat sasaran.

Baca Juga :  Berparade Kenakan Pakaian Adat Bali, Bupati Sanjaya Buka Parade Budaya Nusantara Semarak HUT Ke-529 Kota Tabanan

Menjelang pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, Kapolsek Selbar itu pun berharap agar bendesa adat dan tokoh masyarakat dapat berperan dalam menjaga situasi politik agar tetap damai dan sejuk.

Bersama-sama mengimbau masyarakat untuk bisa saling toleransi dan menghargai pilihan politik setiap orang, sehingga pelaksanaan Pilkada Tabanan bisa berjalan aman, damai, dan lancar.

Dari semua imbauan yang disampaikan Kapolsek Selbar, Bendesa Adat Pengereregan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Desa Adat Kecamatan Selbar, I Gede Arsana, pun menyambut baik. Menurutnya, kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan Kapolsek Selbar sangat positif.

“Kami juga memiliki program yang sama untuk tetap menjalin sinergitas antara masyarakat adat dan personel Polsek Selbar. Selama ini komunikasi dan sinergitas sudah terjalin dengan baik,” ujar Arsana.(ita/bpn)