Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Anak Agung Ngurah Kirana.

Usai melakukan peletakan batu pertama, Bupati Suwirta mengatakan pembangunan TOSS Center ini merupakan tahap kedua, meliputi pembangunan gedung learning center, koperasi, bangunan pengolahan sampah, tembok panyengker dan Padmasana. Menurut Bupati, upaya ini sebagai wujud komitmen kuat untuk melaksanakan pemilahan sampah dari sumbernya dan nantinya diolah di tempat ini menjadi kompos, serta penanganan sampah plastik melalui Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) yang juga dikumpulkan di tempat ini bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia.

Baca Juga :  Sinergi OJK dan BI Tingkatkan Edukasi Perlindungan Konsumen

“Semoga ke depannya dengan langkah ini bisa membuahkan hasil yang manis terutama untuk penanganan sampah agar Kabupaten Klungkung bisa bebas dari sampah plastik,” harap Bupati Suwirta.

Dia berharap nantinya jika sudah dilaksanakan dengan konsisten maka TOSS Center ini bisa menjadi tempat studi banding, tempat belajar dan paling penting bisa menjadi contoh tempat pengolahan sampah terpadu.

“Mari kita selalu berfikir yang positif, mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa memberikan hasil yang terbaik untuk penanganan sampah di Kabupaten Klungkung,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Anak Agung Ngurah Kirana menyampaikan pembangunan TOSS Center tahap kedua ini dianggarkan Rp2.100.080.000 dengan waktu pengerjaan selama 180 hari kalender. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News