Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih di Dusun Jelantik Mamoran, Desa Tojan, Klungkung terbakar pada Sabtu (18/7/2020) bertepatan hari Tumpek Landep. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi kejadian pada Minggu (19/7/2020).

Penyebab kebakaran diduga akibat sisa dupa usai persembahyangan Tumpek Landep. Bale Piasan yang beratap genteng itu dan di dalamnya berisi barang-barang berupa seperangkat gamelan balaganjur, pengangge pura dan perlengkapan lainnya ludes terbakar.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WITA. Akibat kejadian ini kami perkirakan kerugian sebesar 300 juta,” tutur Klian Pura, Ketut Noviana.

Menyikapi musibah yang terjadi, Bupati Suwirta meyebut perlu diambil langkah-langkah baik secara sekala maupun niskala. Secara sekala pihaknya mengharapkan pengempon pura segera melakukan pembersihan terhadap puing-puing yang berserakan. Langkah yang paling penting untuk dilakukan adalah pembersihan secara niskala. Di samping itu, pihaknya juga akan mengupayakan bantuan untuk merenovasi Bale Piasan tersebut.

Baca Juga :  Perlancar Mobilitas Sektor Pertanian, Bupati Suwirta Resmikan Jalan Usaha Tani

“Musibah ini mengajarkan kita semua agar selalu waspada dan berhati-hati, semoga musibah serupa tidak terulang lagi dimanapun,” ujar Bupati Suwirta. (dar/bpn)