Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANANGTPP Covid-19 Tabanan kembali melaporkan pasien sembuh Covid-19, Senin (13/7/2020). Dimana per Senin sore, ada delapan pasien dinyatakan sembuh. Selama dua hari belakangan ini juga nihil tambahan kasus positif baru.

Ketua Harian GTPP Covid-19 melalui juru bicaranya Kadis Kominfo Tabanan I Putu Dian Setiawan mengatakan, meski tingkat kesembuhan mulai banyak, disiplin terhadap protokol kesehatan terus dilakukan, apalagi sudah mulai memasuki tatanan kehidupan baru dimana untuk di Kabupaten Tabanan lebih pada konsep menuju Tabanan Aman dan Produktif.

“Total positif di Tabanan sebanyak 99 kasus, 1 orang meninggal dan yang masih dirawat atau isolasi 21 orang,” ucapnya.

Dari kasus transmisi lokal yang terjadi di Kabupaten Tabanan, lanjut kata Dian Setiawan yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr. I Nyoman Suratmika dan Kabag Humas Pemkab Tabanan I Ketut Ridia menjelaskan pada bulan Juni disebabkan dari klaster salah satu rumah sakit swasta yang kemudian menjadi klaster keluarga, yang kini masih menunggu tingkat kesembuhan saja.  Dan untuk kasus positif di awal bulan Juli, lebih banyak karena transmisi lokalnya datang dari Kabupaten Badung dan Denpasar.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Pitra Yadnya Ring Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung Penebel

“Misalnya saja pedagang yang mobilitasnya banyak di Denpasar terpapar disana, dan selanjutnya menulari keluarganya, seperti di Kecamatan Marga yang sampai menulari lima orang keluarganya salah satunya balita,” terangnya.

Begitu pula, mereka yang positif dari riwayat berobat dari penyakit yang dideritanya seperti jelang operasi ginjal, saluran kencing, dan penyakit kronis lainnya setelah dicek positif. “Namun sampai saat ini belum sampai ada kasus berat di Tabanan, maksudnya pasien positif sampai menggunakan alat bantu pernafasan,” ucapnya.

Sementara itu untuk hasil tracking salah satu pasien positif di wilayah Kecamatan Pupuan belum lama ini, yang menyebabkan satu klinik kesehatan di wilayah tersebut harus ditutup sementara lantaran sejumlah tenaga kesehatan sempat kontak dengan pasien bersangkutan, hari ini (Senin) telah dilakukan swab pada 14 orang tenaga kesehatan setempat serta pada sejumlah keluarga terdekat pasien. Begitupun sebanyak 30 warga desa setempat juga telah dilakukan rapid tes pada Jumat sebelumnya.

“Hasil swab tenkes dan keluarga pasien kemungkinan 3 sampai 4 hari baru diketahui, jika negatif, layanan kesehatan sudah bisa dibuka kembali,” jelasnya.

Sementara untuk Puskesmas III yang sempat ditutup sementara lantaran salah satu tenaga kesehatannya terpapar Covid-19, mulai Senin ini sudah beroperasional kembali. Dibukanya kembali layanan kesehatan di Puskesmas Tabanan III dikarenakan hasil swab puluhan tenkes hasil kontak tracking telah dinyatakan negatif.

“Puskesmas Tabanan III clear tidak ada penularan disana, yang pasien positif sebelumnya itu terpapar diluar Puskesmas dan telah dinyatakan sembuh namun tetap menjalankan isolasi mandiri,” tutupnya.(ads/adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News