Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyambut penerbangan yang mengangkut wisatawan di hari pertama dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan serta para pimpinan instansi komunitas bandara menyambut para wisatawan yang baru tiba dengan prosesi pengalungan bunga bertempat di depan Candi Bentar Terminal Kedatangan Domestik, Jumat (31/7/2020).

Sebanyak 89 penumpang tiba di Bali menggunakan penerbangan Garuda Indonesia GA402 dari Jakarta pukul 10.18 WITA.

Rahmat Adil menyambut baik dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik tersebut. “Dengan dibukanya kembali pariwisata Bali untuk wisatawan domestik, hal ini merupakan suatu hal yang sangat positif. Telah cukup lama pariwisata Bali terkena dampak yang cukup parah dari pandemi Covid-19, sehingga cukup banyak sektor kehidupan masyarakat Bali yang terdampak. Kami berharap hal ini merupakan awal yang baik bagi bangkitnya kembali pariwisata Bali,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Badung Gelar Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Tingkatkan Kapasitas SDM

Ditambahkannya, “Tentunya, pembukaan kembali pariwisata ini dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat, terutama di bandara sebagai pintu masuk utama. Kami selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam pelaksanaan serta evaluasi implementasinya,” tambah Rahmat Adil.

Sementara Wagub Cok Ace, mengharapkan kembalinya kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali. “Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk Bali ke depan. Yang penting sekarang adalah bagaimana menanamkan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata,” tegasnya.

Dikatakannya, “Yang penting prosedur-prosedur untuk masuk Bali sudah terpenuhi semua, protokol kesehatan sudah dipenuhi dengan baik,” tambah Cok Ace.

Menanggapi terkait prosedur masuk bagi wisatawan, Cok Ace menyatakan bahwa hal tersebut berfungsi sebagai strategi promosi sekaligus upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan. “Keduanya kena. Justru memberikan jaminan, serta untuk mengeliminir dan menekan kemungkinan terburuk untuk dapat terjadi, baik bagi warga Bali maupun wisatawan. Ketika diberlakukan aturan, akan memberikan gambaran bagi wisatawan bahwa di Bali ini nyaman dan aman,” tutupnya.

Selama satu pekan ke belakang (26-30 Juli 2020), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat telah melayani sebanyak 17.757 penumpang rute domestik yang terangkut melalui 278 penerbangan. Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya (19-23 Juli 2020), di mana terdapat 15.153 penumpang dan 256 penerbangan, maka terdapat pertumbuhan sebesar 17 persen untuk jumlah penumpang serta 8 persen untuk penerbangan rute domestik yang terlayani.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

“Untuk pergerakan penumpang rute domestik perlahan tapi pasti sudah menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Hingga 30 Juli, kami melayani sebanyak 73.875 penumpang, dengan rata-rata harian sebanyak 2.463 penumpang. Sementara pada Juni lalu, hanya sejumlah kurang lebih 17.861 penumpang. Bulan ini tumbuh sangat baik. Sekali lagi kami tegaskan, implementasi protokol kesehatan senantiasa kami terapkan secara ketat, seiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang kami layani,” tutup Rahmat Adil. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News