Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEMMengawali adaptasi kebiasaan baru aktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Aliansi  Pemuda Hindu Bali bersama Ikatan Alumni STKIP Agama Hindu Amlapura dan DPC Persadha Nusantara Karangasem turun ke jalan di seputaran Karangasem sambil membagikan masker dan handsanitizer, Senin (13/7/2020).

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya mengingatkan warga masyarakat Karangasem untuk tidak lengah dalam menjalani perilaku new normal di tengah situasi Covid-19 yang belum berkesudahan. Aksi kemanusiaan turun ke jalan dengan membagikan masker diawali di seputaran jalur Pertigaan Abang dengan menyasar masyarakat atau pengendara yang tidak menggunakan masker.

Baca Juga :  Bidik Market Lokal, YOROI Eatery Bar & Coffee Tawarkan Kopi dan Menu Jepang

Sekretaris Ikatan Alumni STKIP Agama Hindu Amlapura I Wayan Budiasa mengatakan, aksi yang dilakukan itu untuk mengajak masyarakat, agar tidak lengah dalam melaksanakan adaptasi kebiasaan baru.

“Memang pemerintah sudah membuka aktivitas warga,  tapi kita tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” ucap Budiasa.

Senada dengan Budiasa, I Gusti Agus Satiadnya dari Ketua Aliansi Pemuda Hindu Bali Karangasem, menambahkan bahwa kebiasaan baru harus dilakukan dengan disiplin. Misalnya menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, selalu menjaga jarak dan memulai perilaku sehat dengan benar.

Baca Juga :  Kapolda Bali Inisiasi Kejuaraan Tenis Meja Nasional Dimasa Pandemi

Menurutnya, bila hal itu tidak dilakukan dengan benar justru akan memicu pandemi Covid-19 gelombang kedua di Karangasem.

“Menjalani kebiasaan baru tidak boleh hanya dilakukan sekelompok saja. Tapi harus menyeluruh. Bila hal ini disiplin dijalankan, kami yakin penyebaran wabah virus corona dengan cepat bisa ditekan,” ucapnya.

Usai  turun di sejumlah ruas jalan protokol  jantung Kota Amlapura, Aliansi Pemuda Hindu Bali, Ikatan Alumni STKIP Agama Hindu Amlapura dan DPC Persadha Nusantara Karangasem melanjutkan perjalanan kemanusiaan dengan menyerahkan bantuan masker dan handsanitizer ke Kantor Kelurahan Karangasem dan Kantor Desa Nawakerti, Kecamatan Abang.(r/bpn)