Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Komisioner KPU Tabanan I Ketut Sugina mendatangi Polres Tabanan, Rabu (22/7/2020). Dia melapor karena akun Facebook-nya diretas orang yang tidak bertanggung jawab, yang mengatasnamakan dirinya dalam aksi penipuan dan minta transfer sejumlah uang.

Sugina mengatakan, dia mengetahui akun miliknya di medsos tersebut diretas, setelah beberapa temannya menelepon dan mengonfirmasi terkait pesan messenger yang minta dikirimi sejumlah uang melalui rekening bank, atas nama Saleh Wiguna.

“Beberapa teman mungkin merasa aneh atau ada sesuatu yang janggal, karena nomor rekening yang dituliskan bukan atas nama saya. Saat itu juga saya langsung telepon maupun lewat di WhatsApp kepada teman-teman, bahwa itu tidak benar. Artinya, akun saya di Facebook telah diretas orang lain. Dan, untungnya belum ada teman-teman yang mengirimkan uang,” ujarnya.

Setelah mendapatkan kebenaran bahwa akun miliknya diretas, Sugina pun langsung menyebar informasi kepada orang-orang yang mengenalnya, bahwa akun miliknya itu diretas. Dia pun berpesan agar tidak menghiraukan apapun dari akunnya yang diretas itu apabila mendapatkan pesan yang tidak pernah dilakukan.

Baca Juga :  Terapkan Prokes Covid-19, Jaya-Wira Daftar ke KPU Tabanan

Terkait hal itu, Sugina yang juga mantan wartawan itu memutuskan untuk melapor ke Polres Tabanan. Hal itu dia maksudkan agar bila suatu saat terjadi pelanggaran IT, termasuk meminta sesuatu yang tidak pernah dilakukan, maka kepolisian sudah mempunyai data atas dasar laporan tersebut.

“Saya sudah melaporkan peristiwa ini. Semoga tidak ada yang jadi korban. Kejadian seperti ini jelas sangat merugikan saya, karena nama baik saya dicemarkan. Dengan saya melaporkan hal ini ke kepolisian, semoga polisi bisa segera melacak dan mengambil tindakan hukum,” tegas Sugina. (ita/bpn)