Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARMeski dalam masa transisi dimana pemerintah telah mencanangkan penerapan “New Normal” yang artinya aktivitas sudah bisa kembali berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tetapi gerakan sosial masih deras mengalir di berbagai tempat. Berbagai organisasi dengan penuh semangat bergerak membantu sesama di tengah krisis yang melanda hampir semua pihak, termasuk pula Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB).

Baca Juga :  Banjar Creative Space, Cara Pertamina Berdayakan Masyarakat Adat Bali

Sebagai organisasi yang salah satunya berfokus pada gerakan sosial, Aliansi Pemuda Hindu Bali menggandeng salah satu BUMN untuk ikut turun dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

Kamis (18/6/2020) bertempat di Sekretariat PHDI Provinsi Bali, I Wayan Suartika selaku Ketua Pimpinan Provinsi Aliansi Pemuda Hindu Bali (PP APHB) menerima bantuan langsung dari I Ketut Manuartha selaku Wakil Pemimpin Wilayah BRI Denpasar (Bali Nusra) sebesar Rp200 juta dengan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD).

Berbagai APD diberikan oleh pihak BRI untuk menunjang aktivitas tenaga kesehatan dan masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Bali. Adapun rincian bantuan yang diberikan oleh BRI, diantaranya : Masker Kain sejumlah 8.000, APD sejumlah 40 set, Hand Sanitizer sejumlah 800 botol, Cairan Desinfektan sejumlah 100 Jerigen, Alat Semprot Desinfektan sejumlah 20 pcs, Wastafel Cuci Tangan dengan Tandon Air sejumlah 8 set dengan total senilai Rp200 juta.

Apresiasi yang besar disampaikan oleh I Wayan Suartika kepada pihak BRI yang merestui permohonan bantuan dari Aliansi Pemuda Hindu Bali untuk menyalurkan APD ke kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali. Ia berharap agar kedepannya banyak pihak yang ikut berpartisipasi dalam proses pemulihan ekonomi di Provinsi Bali.

“Saya sendiri tak menyangka bahwa permohonan kami di ACC oleh pihak BRI dan dalam prosesnya pun kami merasa BRI memberikan sambutan yang luar biasa sangat baik. Bantuan yang sudah BRI berikan melalui APHB akan kami salurkan ke masing-masing kabupaten/kota yang langsung dihandle oleh Pimpinan Kabupaten kami,” pungkas Suartika yang kini juga menjadi tenaga pengajar di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Bali.

Gerakan dari Aliansi Pemuda Hindu Bali ini pun mendapatkan sambutan yang sangat baik oleh I Ketut Manuartha selaku Wakil Pemimpin Wilayah BRI Denpasar (Bali Nusra). Menurutnya sudah seharusnya pemuda Hindu menunjukkan kualitasnya, salah satunya melalui gerakan sosial seperti ini. Manuartha menilai bahwa ini adalah momentum yang tepat untuk menunjukkan kualitas dan kepedulian pemuda Hindu, apalagi Bali yang menjadi daerah yang mayoritas masyarakatnya adalah Hindu.

“Saya sangat salut dengan Aliansi Pemuda Hindu Bali karena tak banyak pemuda Hindu yang berani untuk tampil. Kita kekurangan tokoh yang berani tampil di publik, saya harap ya kalianlah calon tokoh Hindu kedepannya. Saya juga harap kalian bangga menjadi pemuda Hindu, kalau bisa tunjukkan identitas keHinduan kalian saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat nanti,” tegasnya di sela-sela penyerahan bantuan APD.

Rencananya, bantuan yang sudah diterima akan disalurkan ke masing-masing kabupaten/kota yang langsung diinisiasi oleh Pimpinan Kabupaten/Kota Aliansi Pemuda Hindu Bali untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.(r/bpn)