Kasubaghumas Perumda Tirta Amertha Buana Tabanan, I Wayan Agus Suanjaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Perumda Tirta Amertha Buana (PDAM) Tabanan telah memasuki era kenormalan baru. Perumda ini bahkan sudah sejak tiga bulan lalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga :  Mantapkan Tahapan Pilwali, KPU Denpasar Gelar Sosialisasi Pencalonan Paslon

Kasubaghumas Perumda Tirta Amertha Buana Tabanan, I Wayan Agus Suanjaya, yang didampingi Kabag Hubungan Langganan, Budi Gunawan, mengatakan, pihaknya sejak Covid-19 mewabah telah melakukan antisipasi penyebaran virus tersebut, sesuai prosedur pencegahan Covid-19. “Kami telah menerapkan protokol kesehatan bagi siapapun yang masuk ke wilayah kantor kami. Antara lain harus memakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan, dan jaga jarak,” ungkapnya, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, juga membatasi pelanggan yang ingin membayar rekening air secara tunai ke kantor, dengan pola antre dan jaga jarak antara satu kursi dan kursi lainya. Apabila ada pelanggan yang tidak mengenakan masker dan suhu tubuh di atas rata-rata normal, maka disarankan untuk pulang dan belum bisa melayani.

“Untuk memudahkan pembayaran pada saat pandemi Covid-19, kami menyediakan pembayaran secara online, yang sudah dimulai pada awal 2020,” ujar Agus.

Sementara Kabag Hubungan Langganan, Budi Gunawan, menambahkan, Covid-19 berpengaruh terhadap presentase pembayaran. Dibandingkan sebelum Covid-19, presentase pembayaran mencapai 92 persen, kemudian menurun hingga 82 persen.

“Pada Mei 2020, terjadi penurunan persentase pembayaran. Biasanya 92 persen, turun jadi 82 persen, dan itu karena pengarus situasi Covid19,” ujarnya. (ita/bpn)