Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – DPC PDI Perjuangan Tabanan menyelenggarakan sosialisasi pengolahan bahan pangan substitusi beras atau bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali. Dalam praktik pengolahan bahan pangan dimaksud, berdasarkan Resep Mustika Rasa warisan Bung Karno. Kegiatan tersebut dibuka Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya, di Dapur SMK Bali Indostar Wisata Internasional (BIWI) Tabanan, Jumat (26/6/2020).

Baca Juga :  Penyuluhan Tiblantas Di SD 1 dan 2 Jegu

Dalam kegiatan tersebut, juga melibatkan beberapa chef (juru masak) yang tergabung dalam ICA (Indonesian Chef Association) Bali. “Misi dalam kegiatan memperingati Bulan Bung Karno ini, adalah memperkenalkan secara luas tata cara pengolahan bahan pangan berbasis potensi lokal alam Bali. Dan, ini berdasarkan Resep Mustika Rasa warisan Bung Karno,” ungkap Sanjaya.

Dikatakan, model pelaksanaan kegiatan pengolahan bahan pangan tersebut diambil dari Buku Mustika Rasa, yang terdiri dari lima resep, yang dilaksanakan oleh DPC partai di masing-masing kabupate/kota. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan anggota ICA Bali.

Para chef terpilih kali ini, menggarap beberapa menu dari Buku Mustika Rasa. Antara lain menu opor bebek, ayam seraki pedas, daging masak atjeh, pindang kuning ikan balang, dan lawa udang. Semua resep masakan tersebut, digarap dalam waktu sekitar satu jam, mulai dari persiapan, pemilihan bahan pangan dan memasak, hingga siap disajikan.

Sementara dalam sesi cicip-mencicip, Sanjaya yang didampingi Pembina Yayasan Danendra Upadana yang membawahi BIWI, Ida Bagus Putu Astia, dan Ketua Yayasan Ni Komang Ayu Linawati, secara jujur mengakui cita rasa masakan dari resep tersebut memang enak. “Bukan hanya enak, tapi enak luar biasa,” ujarnya, sambil mengacungkan jempol kanannya. (ita/bpn)