Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, S.I.P. beserta istri tiba di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tradisi Tepung Tawar mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana, serta menyucikan secara lahir batin bagi pejabat baru dengan harapan agar dalam mengemban tugas bisa terhindar dari segala rintangan, gangguan, marabahaya dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga :  Terapkan Pendidikan Teknologi, Koding Next Dorong Kualitas Siswa

Hal tersebut diungkapkan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., disela-sela Tradisi Tepung Tawar Pangdam IX/Udayana yang dilaksanakan di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Minggu (28/6/2020), dihadiri Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, para Danrem Jajaran Kodam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta Danlanud I Gusti Ngurah Rai dan Danlanal Denpasar (masing-masing beserta istri).

“Sudah menjadi tradisi setiap pergantian pejabat baru di jajaran Kodam IX/Udayana akan melakukan rangkaian acara tradisi penerimaan atau penyambutan yang dinamakan Tradisi Tepung Tawar, demikian juga dengan pejabat baru Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, S.I.P., yang pada sore ini tiba di Bali untuk mengawali tugasnya sebagai Panglima Kodam IX/Udayana,” tutur Kapendam.

Tiba di Bali, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, S.I.P. dan Ny. Tanty Kurnia Dewantara mengambil tempat diantara tedung agung untuk menyaksikan tari penyambutan “Sekar Jagat” yang diungkapkan melalui keindahan gerak dan menggambarkan kegembiraan sebagai sambutan kepada para tamu yang hadir.

Selanjutnya, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya memasangkan ikat kepala khas Bali “Udeng” yang memiliki filosofi agar pemakainya memiliki pikiran yang kukuh, fokus, matang, dan tidak terombang-ambing oleh keadaan apapun. Sedangkan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tanty Kurnia Dewantara dipasangi selendang khas Bali oleh Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Fenty Candra Wijaya.

Usai acara di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Pangdam dan Ibu serta rombongan menuju Rumah Dinas Jabatan Pangdam IX/Udayana di Jalan Yos Sudarso No. 1 Denpasar, disambut oleh Dan/Kabalakdam IX/Udayana beserta istri.

Sesuai rencana, tambah Kapendam, pada Senin (29/6/2020) di Makodam IX/Udayana akan dilaksanakan Tradisi Penerimaan Pataka Praja Raksaka sebagai tanda pengukuhan Prajurit Kodam IX/Udayana dengan semboyan Praja Raksaka yang mengandung makna Prajurit Pelindung dan Pengayom Rakyat. (dar/bpn)