Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARPerkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar cenderung fluktuatif, setelah sebelumnya sempat tiga hari nihil penambahan kasus, hari ini Kota Denpasar kembali mencatat adanya kasus positif Covid-19 baru. Dimana, 1 orang warga kota yang berdomisili di Desa Dangin Puri Klod dan 3 orang berdomisili di Kelurahan Peguyangan dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Berikan Surprise Paket Lebaran dan Service Gratis Kepada Konsumen setia Honda 

Hal ini dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai, Kamis (7/5/2020) di Denpasar.

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan 3 kasus positif Covid-19 di Peguyangan adalah kasus transmisi lokal yang menimpa satu keluarga. Dari hasil tracking yang dilakukan oleh tim surveilance Satgas Covid-19 Kota Denpasar diketahui bahwa kasus ini bermula dari kedatangan ayah dan ibunya dari Buleleng pada (26/4/2020) lalu ke Denpasar yang dikhabarkan karena menderita sakit.

Setelah sampai di Denpasar sempat menginap beberapa hari di rumah anaknya di Peguyangan. Selanjutnya sempat memeriksakan kesehatan di sebuah klinik di Denpasar sebelum akhirnya di rawat opname di RS. Wangaya. Karena dalam masa pandemi covid, tim medis RS Wangaya melakukan test swab pada (3/5/2020) dan hasilnya positif.

Karena ayahnya dinyatakan positif, tim satgas selanjutnya kembali melakukan tracing kepada istri, anak dan menantunya dilakukan test swab pada (6/5/2020) selanjutnya pada (7/5/2020) hasil tes swab keluar dan ketiganya dinyatakan positif. Untuk menghindari penularan lagi ketiga warga ini dirujuk ke RS Wangaya untuk menjalani perawatan.

Baca Juga :  Antari Jaya Negara Sapa Warga di Dua Lokasi Posyandu Paripurna

Sementara untuk kasus di Desa Dangin Puri Kelod ini kata Dewa Rai adalah merupakan imported case dari daerah terjangkit yakni dari Kota Manado. Dari hasil tracing diketahui warga yang terjangkit ini adalah seorang pria umur 38 tahun yang berkerja di sebuah BUMN di Denpasar. Warga ini datang ke Denpasar pada (10/4/2020) lalu dalam rangka tugas di Bali, kemudian tanggal (4/5/2020) muncul gejala demam dan dibawa di RSUP Sanglah kemudiaan (6/5/2020) diambil spesimen dan tanggal (7/5/2020) keluar hasil swab dan dinyatakan positif.

Melihat kedua kasus ini Dewa Rai mengingatkan agar masyarakat lebih disiplin lagi. “Penularan virus corona masih terjadi, saya mengharapkan agar masyarakat tetap berhati-hati dalam menerima siapapun termasuk keluarga sekalipun. Dalam masa pandemi Covid-19 protokol kesehatan harus diterapkan,” kata Dewa Rai sembari menambahkan kenapa Walikota Denpasar dulu sudah mengimbau dan mengeluarkan instruksi untuk melakukan pengawasan dan pengetatan wilayah agar penularan kasus baru dapat dicegah karena semua daerah di Bali dan di Indonesia sudah terjangkit.

“Mari kita bersama sama ikut berperan serta dalam pencegahan Covid-19, untuk sementara tunda dulu perjalanan, demikian juga warga yang masuk ke Denpasar juga harus diawasi dengan ketat. Inilah perlunya dukungan serta partisipasi semua pihak untuk memutus rantai covid 19,” ucap Dewa Rai.

Baca Juga :  Honda Premium Matic Day Bali, Raih Beragam Penawaran Menarik Pembelian Sepeda Motor Impian

Disisi lain khabar baik juga berhembus, jumlah pasien Virus Corona (Covid-19) yang dinyatakan sembuh di Denpasar juga terus bertambah. Jumlahnya pun sama dengan yang positif Covid-19 per Kamis (7/5/20), yakni 4 orang yang masing-masing berasal dari Desa Dangin Puri Klod, Desa Ubung Kaja, Kelurahan Sesetan dan Kelurahan Renon

Dengan melihat perkembangan di atas, maka total sampai saat ini sudah  38 orang pasien positif telah dinyatakan sembuh di Kota Denpasar setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit. Sedangkan yang terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif sebanyak 62 orang. Rincianya adalah 38 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 22 orang masih dalam perawatan.

Menurutnya tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 terus meningkat. “Ini memberikan kabar menyejukkan dan memberikan rasa semangat serta optimisme kepada pasien yang masih di rawat di rumah sakit. Mudah-mudahan kedepan pasien yang sembuh terus meningkat, sehingga kasus pandemi Covid-19 bisa terus ditekan,” kata Dewa Rai.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Namun demikian, angka penambahan kasus positif juga masih terus bergerak naik. Sehingga masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah. Serta membiasakan diri menerapkan PHBS, Cuci Tangan Pakai Sabun di air mengalir, serta selalu menggunakan masker.

Dewa Rai juga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dan waspada, menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai lengah, karena virus corona masih ada di tengah-tengah masyarakat, tetapi dengan kesadaran dan kedisplinan semua pihak, saya yakin pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. Kuncinya adalah disiplin, jujur, solidaritas dan gotong royong,” kata Dewa Rai. (humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News