Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Bali, angka positif corona virus disease (Covid-19) di Bali terus meningkat setiap harinya. Palang Merah Indonesia (PMI) turut aktif dalam membantu pemerintah guna menghadapi wabah virus Corona di seluruh Indonesia termasuk Bali. PMI Provinsi Bali juga masuk dalam Tim Satgas Covid-19 Provinsi Bali dan mendapatkan mandat sebagai koordinator pada bagian pencegahan, sosialisasi dan edukasi.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Seperti yang dilaksanakan PMI bersama Relawan Satgas Covid-19 Bali di Monumen Puputan Klungkung dan Pasar Seni Semarapura, Kamis (14/5/2020). Kepala Divisi Kelembagaan PMI Provinsi Bali, Taufan Kristanto menyampaikan tim relawan yang terdiri dari unsur PMI Provinsi Bali, PMI Kabupaten Klungkung, Satpol PP Provinsi dan Kabupaten Klungkung, Polri, RAPI, Sai Rescue, Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta unsur relawan dengan total sekitar 50 orang melaksanakan kegiatan, antara lain sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona yang dilaksanakan baik orang per orang, penggunaan pengeras suara serta penyampaian pesan-pesan cegah Covid-19 melalui armada/mobil bergerak.

Selain itu Tim Satgas juga melaksanakan pendistribusian masker serta edukasi cara penggunaan masker yang benar, pengecekan suhu tubuh bagi pengunjung yang datang pada pintu masuk pasar atau pengendara yang melintas, sosialisasi cuci tangan dan kampanye PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) hingga penyemprotan cairan disinfektan di areal Pasar Seni Semarapura dan Monumen Perjuangan.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PMI Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali juga turut bergerak untuk mendukung pemerintah kabupaten/kota masing-masing.

“Sampai dengan saat ini, PMI telah menerjunkan sejumlah 6.224 personil, 17 unit ambulans, 38 unit alat spraying serta 6 unit mobil disinfektan. Sedangkan total layanan PMI se-Bali telah melakukan penyemprotan dengan total penerima manfaat sebanyak 539.070 jiwa pada 748 lokasi serta menghabiskan sejumlah 142.790 liter cairan disinfektan. Sedangkan kegiatan promosi telah menyasar sejumlah 370.157 jiwa, serta total distribusi masker sejumlah 22.993 pcs,” ujar Taufan Kristanto.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19 diharapkan dapat memutus rantai penularan Covid-19, dan hal ini tentu dapat diwujudkan dengan kerjasama semua pihak baik pemerintah, lembaga/instansi terkait, relawan serta masyarakat untuk patuh mengikuti imbauan yang telah disampaikan pemerintah mulai dari rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian serta menggunakan masker. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News