Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, I Nyoman Sucitra mempersiapkan “new normal” selama pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), yang secara bertahap akan diimplementasikan dalam kunjungannya ke Dinas Perhubungan, Kamis (28/5/2020).

Baca Juga :  Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Pemkab Klungkung akan Lakukan Pelebaran Jalan di Nusa Ceningan dan Lembongan

Bupati Suwirta mengatakan ini dalam rangka persiapan awal untuk menyambut situasi “new normal” pasca Covid-19. Khusus dalam perhubungan ada beberapa yang dipersiapkan, yakni di bidang angkutan laut untuk pengoperasian speed boat dan dibidang angkutan darat yakni angkutan siswa gratis.

Lebih lanjut dikatakan, khusus untuk angkutan siswa gratis, apabila sudah diperbolehkan ke sekolah dengan syarat 50 persen maka semua standar protokol kesehatan harus disiapkan. Pihaknya meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan harus berkordinasi dalam penggunaan angkutan siswa gratis di hari pertama dan seterusnya sehingga tidak kelabakan. “Semua ini besok akan kita finalkan untuk kelonggarannya, apakah mereka boleh beroperasi dengan angkutan 50 persen dan protokol kesehatannya,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga tetap mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi. Maka dari itu, sebelum dioperasikannya angkutan siswa gratis, sebanyak 110 orang sopir akan dirapid test. “Semua sopir akan dirapid, sehingga ada jaminan bahwa sopir sehat dan terhindar dari virus,” tandasnya.

Selain itu, dalam kunjungannya juga Bupati ingin memastikan review Rencana Induk Pelabuhan (RIP) di Pesinggahan sampai Kusamba bisa selesai tahun ini dan akan dilanjutkan dengan review Feasibility Study (FS) di tahun 2022. Selain itu pelabuhan segitiga emas bisa segera diwujudkan. Lalu dalam hal kir kendaraan, Bupati Suwirta menugaskan untuk membuat aplikasi kir mobile, uji kir secara online melalui aplikasi smartphone. (dar/bpn)