BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli dengan kesehatan di tengah wabah Covid-19, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu  Surya Adnyani Mahayastra membagikan sekitar 1.500 masker, untuk para pedagang dan pembeli, pengunjung pasar disejumlah pasar di Kabupaten Gianyar.

Pedagang dan pengunjung pasar yang diberikan bantuan masker yakni di Pasar Payangan, Pasar Umum Desa Sayan, Pasar Umum di Singakerta dan di Pasar Umum Kedewatan Ubud, Gianyar, Minggu (12/4/2020).

Ikut serta dalam pembagian masker, Kadis PMD Kabupaten  Gianyar, I Dewa Ngakan Ngurah Adi; Anggota DPRD Gianyar dari fraksi PDIP dan penggurus TP.PKK Kabupaten dan Kecamatan.

Ketua TP PKK Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan dengan adanya imbauan yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker jika sakit ataupun keluar rumah, tentu akan berdampak pada mahalnya harga masker di pasaran sekarang ini.

Melihat hal ini, TP PKK Gianyar bergerak bersama untuk memutus mata Covid-19 dengan membantu warga memberikan masker gratis.

”Mari kita bergerak bersama memutus mata rantai Covid-19 dengan patuh menggunakan masker jika kita sakit atau terpaksa harus beraktivitas diluar rumah,” imbau Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Optimalkan Pengelolaan Sampah, TPS 3R Dibangun di Desa Baktiseraga

Dikatakan, setelah melihat kondisi di lapangan khususnya di pasar-pasar umum di Kabupaten Gianyar, menurut istri Bupati Gianyar Made Mahayastra itu kesadaran masyarakat akan pentingnya masker sudah lumayan tinggi. Ini terbukti saat pembagian masker, sebagian besar pedagang maupun pengunjung pasar sudah menggunakan masker. Pada kesempatan itu, Ny. Adnyani Mahayastra tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tetap memperhatikan pola kebersihan diri sendiri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan juga menggunakan masker.

”Kunci memutus mata rantai Covid-19, adalah dari dalam diri kita sendiri, bagaimana masyarakat patuh terhadap imbauan pemerintah, pemerintah tidak bisa menjaga seluruh warga satu persatu. Kesadaranlah yang bisa membantu kita terhindar dari Covid-19 ini,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Kepala Pasar Payangan, Wayan Eka Jaya mengatakan kepatuhan masyarakat untuk menggunakan masker khususnya pedagang di Pasar Payangan sudah cukup tinggi. Sebelum pasar dibuka jam 07.00 Wita mereka terlebih dahulu mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan.

Menurut Wayan Eka Jaya, pasar rentan akan penyebaraan virus, jadi harus benar-benar patuh akan menjaga kebersihan. Ia berharap, semoga pandemi ini cepat berakhir. (r/bpn)