istimewa/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGSebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat, Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih dari Griya Agung Bang Pinatih melaksanakan kegiatan sosial yang dilaksanakan pada Minggu (19/4/2020) lalu.

Baca Juga :  Dispar Buleleng Akan Rombak Dua Daerah Tujuan Wisata

Kegiatan sosial diawali pembagian sembako dan air mineral AGURI untuk 45 orang Pemangku Se-Desa Adat Sempidi, Badung. Selain sembako juga diserahkan 300 masker kepada masyarakat Desa Adat Sempidi.

Menurut Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih, tujuan dari kegiatan ini selain meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19 juga ingin menggugah masyarakat yang hidup berlebihan untuk ikut membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini memerlukan bantuan.

“Mengharapkan kepada Umat se-Dharma yang mampu ngiring medana punia, sane dahat membutuhkan pada situasi umat umat duwene keni wabah Covid-19,” harap Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih.

Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih mengatakan, ketika kita memberikan dana punia terhadap umatnya janganlah mengharap sesuatu daripada yang kita beri kepada umatnya, berikanlah dana punia dengan tulus ikhlas, lascarya, sehingga pemberian yang kita berikan bermanfaat dan menggandung nilai yadnya yang sangat tinggi. Bergeraklah seperti geraknya Sang Hyang Surya (Matahari) Siwa Raditya beliau, tanpa henti-hentinya menyinari jagat raya ini tanpa ada permintaan manusia dan juga walaupun menyampaikan terima kasih kepada beliau, beliau tidak henti-hentinya memberikan kita sinar mentari di dunia ini begitulah sesungguhnya sebagai pemimpin umat yakni Sulinggih, Pejabat Pemerintahan harus bisa selalu menyinari dan turun langsung memperhatikan dan melayani umatnya manut ajaran Siwake Dharma dan ajaran Catur Weda yakni Reg Weda di dalam sloka nya berbunyi “MANAWA SEWA MANDAWA SEWA” yang artinya ketika kita melayani manusia sama dengan kita melayani Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan) itu sendiri.

“Melayani umat dengan tulus ikhlas dalam bangun kesadaran diri itulah bagian hidup kebarsamaan Wasudewa Kutum Bakam di dunia kita hidup kebersamaan, hendaknya kita saling bantu membantu, saling tolong menolong, saling bahu membahu, gotong royong, jika kita sebagai umat manusia bisa seperti itu Tuhan akan berbahagia melihat ciptaannya saling asah saling asuh pakedek pakenyum salung lung sebayantaka paras poros saparnaye, sehingga terciptalah tujuan akhir Agama Hindu Moksatem Jagat Dhita Yaici Te Dharma, Santhi dan Jagat Dhita,” tutur Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih.

Selanjutnya Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih yang juga Dosen Doktor Ilmu Agama IHDN Denpasar yang sudah terbiasa terjun langsung kemasyarakat juga membantu 33 Keluarga terdampak Covid-19 di Desa Padangsambian Kaja.

Baca Juga :  Satpol PP Denpasar Tertibkan Usaha Billiard

Bantuan diberikan oleh perwakilan Ida Rsi diterima langsung oleh Perbekel Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya yang selanjutnya langsung didonasikan ke keluarga terkena dampak Covid-19.

“Selanjutnya kita serahkan bantuan ring sisya Siwa Murti Bali seluruh Bali dengan penyerahan kepada perwakilan Sisya ring Pengcab Cabang dan Ranting-ranting se-Bali. Total kita serahkan 540 Sembako dan 2.000 masker untuk masyarakat yang kurang mampu serta Pemangku dan Sisya Siwa Murti Bali yang kurang mampu,” tutup Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih.(ads/bpn)