BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kodim 1619/Tabanan menggandeng desa adat dan Komunitas Seniman Tabanan, dalam rangka menggencarkan imbauan pecegahan Covid-19, Senin (20/4/2020). Menurut Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, hal ini juga sebagai upaya pendekatan kearifan budaya lokal.

Baca Juga :  Jumat Sehat, Korem 163/Wira Satya Gowes Lagi

Komunitas Seniman Tabanan yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, antara lain pelawak Bali I Nyoman “Sengap” Ardika, dan salah satu personel arja muani asal Tabanan. Bersama seniman tersebut, Dandim Tabanan juga menerima para prajuru Desa Adat Kota Tabanan, yang dipimpin Bendesa Adat Kota Tabanan I Gusti Gede Ngurah Siwa Genta.

Toni pun menyampaikan pesan dan arahan kepada para seniman dan prajuru desa adat yang hadir, agar turut serta membantu pemerintah daerah menyampaikan imbauan kepada masyarakat. “Sampaikan arahan maupun instruksi dari pemerintah, baik gubernur maupun bupati, untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Dia menilai, dengan keterlibatan para seniman dan prajuru desa adat akan lebih mengena dalam melaksanakan imbauan pemerintah. Dengan cara pendekatan budaya lokal, sehingga mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat.

“Dengan imbauan yang disampaikan bersama adat dan seniman ini, mudah-mudahan masyarakat semakin mengerti dan mengikuti arahan pemerintah untuk dapat segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tabanan,” harap dandim.

Baca Juga :  Kodam IX/Udayana Terima CSR Dua Mobil Ambulance dari BRI

Usai menerima pesan dan arahan dari Dandim Tabanan, para prajuru adat bersama seniman Sengap dan rekannya melaksanakan tugas. Mereka berkeliling dengan kendaraan patroli Kodim 1619/Tabanan, dan dengan menggunakan pegeras suara, menyampaikan imbauan kepada warga Tabanan.

Saat keliling menyampaikan imbauan tersebut, dipimpin Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf. Dewa Putu Oka. Mereka menyasar pasar sementara di Lapangan Alit Saputra, lanjut ke Jalan Pahlawan, Jalan Gajahmada, Jalan Pulau Menjangan, Jalan Pulau Batam, Pasar Dauh Pala, dan juga di Pasar Pesiapan, Tabanan. (ita/bpn)