BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Astra Motor Bali melalui team safety riding-nya kembali melakukan seleksi untuk persiapan menuju kompetisi Safety Riding Advisor Community 2020 tingkat Nasional.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan sebagai upaya menyiapkan instruktur safety riding yang terlatih untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berkendara. Konsep penyeleksian dilakukan, dengan terlebih dahulu melakukan pelatihan dan kemudian dilanjutkan dengan kompetisi tingkat Regional Bali.

Pelaksanaan kompetisi diwarnai dengan hujan deras yang tidak menyurutkan semangat peserta untuk melakukan seleksi yang dilakukan pada Minggu (8/3/2020) di Gudang Megati Tabanan diikuti 40 peserta dari komunitas Honda diantaranya : HPCI, VIBER,TRB,HCST,CCI Bali Dewata, HMPC, HVIC, GLDK Bali, BOC, HSFCIdan HAI Bali.

Masih sama dengan tahun lalu, salah satu point penilaiannya adalah kemampuan mengendalikan sepeda motor di lintasan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara, apalagi jika mengendalikan kecepatan rendah dengan baik dan menempuh waktu tercepat. Tantangan baru tersebut merupakan adu skill yang harus dijalankan oleh peserta dalam ajang seleksi kompetisi tingkat Regional Safety Riding Advisor Community.

Baca Juga :  Wamenparekraf Angela: Refocusing Kualitas dan Target Pasar Pariwisata

Kompetisi keterampilan berkendara antar komunitas sepeda motor Honda ini sebagai ajang untuk menyaring peserta dari Bali yang akan mewakili dalam ajang kontes Safety riding tingkat Nasional.

Berkumpul di lokasi lintasan yang dibuat di area gudang Megati Tabanan, seluruh peserta yang telah mendaftar diuji dengan 4 penilaian yaitu pertama, safety check dengan menengok atau menoleh ke belakang kanan melihat situasi lalulintas, setiap peserta harus melakukan safety check sebelum menarik gas untuk start.

Kedua, teknik pengereman dengan empat jari dengan cara di remas, sehingga mendapatkan pengereman yang optimal.

Ketiga, mengukur ketangkasan mengendalikan sepeda motor di lintasan slalom secara cepat dan tepat. Keempat, menguji keseimbangan dan strategi di low speed section, hal ini untuk membiasakan peserta melihat keadaan atau situasi lalu lintas dimana peserta mengetahui kapan harus bergerak lambat dan kapan harus bergerak cepat dan kelima adalah teori.

Adu skill di bagi menjadi 2 kategori yaitu : kategori Advisor Komunitas Safety riding –Sport (laki-laki) dan kategori Advisor Komunitas Safety riding – Matic (perempuan)

Baca Juga :  Ketua PHDI Angkat Bicara Terkait Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja di Bali

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan komunitas Honda sebagai brand ambassador safety riding diharapkan mampu menjadi contoh penerapan safety riding dalam berkendara tiap hari sehingga dapat mewujudkan safety Indonesia.

“Kompetisi ini sekaligus mempersiapkan calon advisor Community untuk di adu kemampuannya di tingkat Nasional, harapannya Astra Motor Bali bisa memberikan yang terbaik untuk kategori sport maupun matic,” ungkap Ngurah Iswahyudi selaku Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali.

Dari kompetisi yang dilaksanakan Berikut hasil pemenang kategori Advisor Komunitas Safety riding – Sport (laki-laki) :

Juara 1 kategori Advisor Sport : Eko Hari Setiawan dari Viber Bali

Juara 2 kategori Advisor Sport : Ari Arjuna dari HSFCI Bali

Juara 3 kategori Advisor Sport : Yoga Pratama dari Viber Bali

Sedangkan Berikut ini hasil pemenang kategori Advisor Komunitas Safety riding – Matic (perempuan) :

Juara 1 kategori advisor matic : Kadek Wiriani dari HPCI Bali

Juara 2 kategori advisor matic : Tri Muji Lestari dari HAI Bali

Juara 3 kategori advisor matic : Nurul Asiani dari GLDK Bali

Baca Juga :  Kembangkan Kreativitas Siswa SMK Selama Daring, Astra Motor Bali Gelar “Vocational Video Challenge 2020”

Para juara 1 dan 2 kategori Advisor Komunitas Safety riding – Sport dan juara 1 kategori Advisor Komunitas Safety riding – Matic akan mewakili Paguyuban Honda Community Bali di ajang Astra Honda Safety Riding Competition 2020 yang akan diselenggarakan bulan Juli oleh PT AHM.(r/bpn)