BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Menyongsong Revolusi Industri 4.0, SMK Pariwisata Dalung berbenah dan meningkatkan mutu dalam proses pembelajaran.

Salah satunya adalah peningkatan penggunaan IT dalam mendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan Ujian Sekolah SMK Pariwisata Dalung menggunakan konsep baru dengan mengeluarkan aplikasi khusus yang bisa diunduh di Play Store maupun Appstore.

Aplikasi yang dikenal dengan APPQUIZ SMKPDALUNG merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, terutama proses evaluasi pembelajaran.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Pariwisata Bali Dwipa, I Putu Gede Panca Wasidipa,SE yang juga selaku penggagas mengatakan, aplikasi ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran terutama proses evaluasi pembelajaran. Bahkan aplikasi yang baru pertama kali di Bali ini, sudah mulai diterapkan penggunaanya sejak Senin, 2 Maret 2020.

“Untuk pertama kalinya penggunaan aplikasi ini dalam Pelaksanaan Ujian Sekolah setelah sebelumnya aplikasi ini juga digunakan dalam Ulangan Tengah Semester maupun Ulangan Kenaikan Kelas (UKK),” terangnya saat memberikan keterangan, Selasa (3/3/2020).

Selain sebagai pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas, aplikasi ini merupakan bagian dari kesiapan SMK Pariwisata Dalung untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0 melalui digitalisasi dan sistem online.

Baca Juga :  Seorang Residivis Ditangkap Saat Mengendarai Sepeda Motor

“Aplikasi ini juga mendukung program pemerintah untuk ramah lingkungan, program ini paper less, dimana sebelumnya evaluasi pembelajaran baik di tengah semester, akhir semester atau pun di akhir tahun ajaran dilaksanakan dengan menggandakan naskah soal, atau foto copy soal,” tambahnya.

APPQUIZ ini sangat mendukung proses pembelajaran, baik dari segi efisiensi dan ekonomis, efektifitas, dan transparansi karena siswa akan langsung dapat melihat nilai nya setelah selesai mengerjakan. Sehingga selain persiapan belajar, siswa hanya perlu membawa handphone dengan full batterai untuk siap mengikuti UKK.

Sementara itu, Kepala SMK Pariwisata Dalung, Ni Putu Trisnawati S.Pd., menambahkan, selain untuk evaluasi, digitalisasi juga senantiasa dikembangkan dalam bidang lain. Seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2020/2021 yang telah dibuka mulai Desember 2019 yang juga melayani pendaftaran via online.

“Jadi calon siswa cukup membuka web sekolah, mengisi form pendaftaran dan menunggu telpon dari panitia untuk jadwal tes peminatan,” tutup Ni Putu Trisnawati S.Pd..(tis/bpn)