BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Bila pernah melihat peristiwa rumah atau gedung yang tersambar petir, kita mesti harus lebih waspada. Pasti tidak ingin kan bila rumah, gudang, kantor kita menjadi korban sambaran petir lalu hancur? Sebenarnya ada cara menjaga hunian kita dari semua itu. Mari simak ulasan dari ASURANSIKU.id berikut ini.

Bila ada pohon didekat rumah sebaiknya singkirkan.
Seperti diketahui, bila petir sangat mudah menyambar benda tinggi layaknya pohon. Nah, bila ada pohon tinggi di dekat rumah, harus lebih waspada. Memang hal tersebut tidak berdampak langsung dengan rumah sekitarnya, namun seperti prinsip asuransi rumah kena petir,risiko seperti itu tidak akan pernah bisa diketahui kapan terjadi dan bagaimana imbasnya untuk rumah, gedung, atau tempat usaha kita.

Bisa terjadi kemungkinan terburuk, setelah pohon disambar petir, maka tumbang lantas mengenai rumah tetangga. Oleh sebab itu Asuransi rumah kena petirASURANSIKU.id menyarankan, demi meminimalisir hal tersebut, sungguh bijak bila memangkas pohon seteratur mungkin sewaktu pohon telah tinggi dan melebihi rumah hunian. Bila begitu sudah, petir pasti tidak akan menyambar pohon dan menjadikan rumah lebih aman.

Baca Juga :  Cara Jaga Kesehatan Mata di Era Pandemi

Perangkat listrik di rumah penting perannya.
Selain di luar rumah, kita juga harus melakukan penjagaan di dalam tempat tinggal. Salah satu contohnya adalah mematikan peralatan elektronik. Karena peralatan elektrik dapat memancing petir menyambar rumah kita. Untuk itu, matikan semua peralatan elektrik saat hujan disertai dengan petir tiba.

Bukan sekedar mematikan dari tombol powernya. Namun cabut juga saluran kabel peralatan elektronik itu. Bila sekedar mematikan dari tombol power-nya saja, itu tidak berpengaruh karena sesungguhnya petir menyambar kabel utama dari perangkat listrik.

Kabel terkelupas jangan dibiarkan.
Masih berhubungan dengan perangkat listrik, ada satu lagi yang harus dilakukan. Adalah dengan memastikan instalasi listrik tidak bermasalah. Misalnya saja kabel yang mengelupas atau aliran arus pendek pada listrik karena itu bisa mengundang petir untuk menyambar rumah.

Inilah cara terakhir untuk menghalau sambaran petir
Cara terakhir supaya rumah tidak terkena halilintar adalah memasang penangkal petir. Cara ini tergolong paling aman, sebab petir dijamin tidak akan menyambar rumah kalian. Terlebih lagi bila rumah hunian bertingkat, ini berguna sekali. Namun, ketahui dulu ragam jenis dari penangkal petir sebelum memasangnya. Ada pemasangannya di luar atau juga di dalam rumah.

Baca Juga :  Berbahan Arak Terstandardisasi, Usada Barak Percepat Penyembuhan OTG Covid-19

Jika penangkal petir berjenis eksternal atau dipasang di luar rumah, biasanya ini untuk tempat tinggal yang bertingkat dan tidak ada gedung tinggi di sekitarnya. Tetapi, jika penangkal petir internal atau dipasang di dalam rumah, benda satu ini untuk tempat tinggal yang di sekitarnya banyak gedung tinggi dan tidak bertingkat. Jadi, pilih penangkal petir sesuai kebutuhan ya.

Bila sudah dilakukan cara-cara di atas, rumah akan berisiko kecil terdampak sambaran petir. Tapi yang paling penting adalah jangan pernah membiarkan perangkat listrik tetap hidup saat ada hujan yang disertai petir. Meski hunian sudah terlindungi dari bangunan yang lebih tinggi, petir masih dapat menyambar ke segala arah tanpa peduli ukuran dari sasarannya. Sehingga, matikan dahulu peralatan listrik saat ada petir ya karena itu adalah penyebab utama dari rumah yang terkena serangan halilintar.

ASURANSIKU.id memberi perlindungan asuransi property bagi gudang, rumah hunian, kantor dan tempat usaha Anda. Asuransi properti karena sambaran petir melindungi dampak yang merugikan yang diakibatkan oleh petir.(RSV)

Baca Juga :  Kiat Atasi Kecanduan Internet Pada Anak