Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa hadiri Upacara Mecaru Rsi Gana di Pura Dalem Penglingsir, Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal, Rabu (29/1/2020).

Upacara Mecaru Rsi Gana yang dilaksanakan saat ini seiring dengan telah rampungnya Pembangunan Pelinggih berupa Padmasana, Gedong, Balai Pelik, Balai Peselang, Balai Gong, Panggongan, Menjang Seloang di pura tersebut.

Upacara Mecaru Rsi Gana yang menggunakan sarana asu belambungkem, ayam manca, bebek belang kalung, dan bulu sikep ini dipuput oleh Ida Pedanda dari Griya Babakan beserta pemangku kahyangan tiga dan pemangku penyacah.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung I  Ketut Suiasa melakukan persembahyangan bersama serta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 2 miliar kepada Manggala Karya I Wayan Suleman disaksikan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Desa Adat Besakih Gelar Upacara Pecaruan di Lokasi Pendaki Meninggal

Turut juga dihadiri Anggota DPRD Kab.Badung I.B Made Sunartha, Camat Abiansemal I.B Mas Arimbawa, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki, Bendesa Bongkasa I Wayan Wirta, Bendesa Kutaraga beserta masyarakat setempat.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung mengucapkan terimakasih serta merasa bahagia karena masyarakat telah menggunakan dan mempertanggungjawabkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Untuk itu dikatakan kehadirannya disini untuk ikut menyaksikan dan mendoakan agar upacara yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kehadiran kami disini ikut menyaksikan dan ngerastiti agar upacara yadnya berupa Mecaru Rsi Gana ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Wabup Suiasa.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing

Lebih lanjut pihaknya berharap setelah rampungnya pembangunan pura saat ini yang sudah disertai dengan upacara pemelaspasan yang sudah berjalan dengan baik sehingga masyarakat senantiasa dianugrahi keselamatan dan kerahayuan.

“Dengan dilaksanakannya upacara ini agar kita semua diberikan keselamatan dan kerahayuan di wilayah Kabupaten Badung khususnya kepada masyarakat Desa Adat Bongkasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Manggala Karya I Wayan Suleman dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah membantu sebesar Rp 2 miliar.

“Dengan dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung, kami warga disini sangat antusias untuk membangun pelinggih dari mulai nyukat pelinggih yang dilaksanakan di bulan Mei dengan dilakukannya pembokaran di bulan Juni tahun 2019. Untuk kekurangan dana, kami diringankan dengan swadaya masyarakat disini. Untuk saat ini, bertepatan dengan Buda Wage Warigadian, tanggal 29 Januari, dilaksanakanya upacara pemelaspasan, mendem pedagingan disertai mecaru Rsi Gana. Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa sudah mendukung upacara ini dengan dana hibah melalui Anggota DPRD Kab Badung I.B Sunartha,” kata Wayan Suleman.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News