BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penyerahan bantuan bedah rumah dan bantuan sosial lainnya kembali dilakukan Pemerintah Kota Denpasar dengan sistem kerjasama dengan perusahaan melalui Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dari Bank BPD Bali dan Tiara Dewata.

Penyerahan bantuan bedah rumah dan bantuan sosial diserahkan Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra di dampingi Ketua K3S Kota Denpasar Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra kepada keluarga I Ketut Wijaya di Banjar Tegal Kangin Ubung Kaja, Denpasar, Rabu (29/1/2020).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Made Mertajaya, serta jajaran Pemerintah Kota Denpasar.

Disela-sela penyerahan bantuan Rai Mantra mengatakan, bantuan bedah rumah ini terintegrasi dengan bantuan pendampingan dalam memberikan usaha ekonomi produktif, hingga pendidikan kepada anak-anaknya.

Mengingat kesehatan I Ketut Wijaya mengalami gangguan mental sehingga pihaknya minta Dinas Kesehatan mapun Dinas Sosial memberikan konseling dan mengajak ke Rumah Berdaya Kota Denpasar.

“Dengan adanya konseling dan diberikan pendampingan di Rumah Berdaya  akan banyak teman dan memiliki kreatifitas sehingga penyakitnya bisa cepat disembuhkan,’’ ungkap Rai Mantra.

Baca Juga :  PUPR Denpasar Terus Gencarkan Pembersihan Sungai dan Saluran Air

Khusus anaknnya yang putus sekolah, Rai Mantra mengintruksikan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar untuk memberikan bantuan Pendidikan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Bangsa Kota Denpasar. Hal itu harus dilakukan mengingat anak pertamanya telah memasuki usia 17 tahun.

Lebih lanjut Rai Mantra berharap hal ini terintegrasi nantinya dapat lebih cepat melakukan penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di Kota Denpasar. Disamping itu langkah ini juga dapat lebih cepat melakukan pelayanan kepada masyarakat lewat pendataan dan pengolahan data penyandang kesejahteran sosial.

“Dimana bantuan bedah rumah  terintegrasi dengan bantuan lainnya, seperti peningkatan ekonomi keluarga lewat pelatihan kelompok usaha hingga beasiswa kepada anak dari penerima bantuan bedah rumah tersebut,” ujarnya.

Ketua K3S Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan bantuan bedah rumah dan bantuan sosial seperti kasur dan pakian sekolah, dari kerjasama dengan pihak CSR dari Bank BPD Bali dan Tiara Dewata. Peran serta pihak swasta melalui CSR sangat berperan sekali secara bersama-sama melaksanakan program kesejahteraan sosial kepada masyarakat.

Baca Juga :  TPAD Buleleng Sosialisasikan Usulan Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Menurutnya kegiatan ini mampu mengatasi masalah sosial di Kota Denpasar dan harus dilakukan sacara bergotong royong. “Untuk menyelesaikan permasalahan di Kota Denpasar kita tidak bisa bekerja sendiri untuk menyempurnakan harus gotong royong dengan berbagai pihak salah satunya melalui dana CSR dari pihak perbankan,’’ ungkapnya.

Dengan cara seperti ini Ny. Selly berharap kehidupan masyarakat bisa lebih terjamin dan bisa sejahtera. Ny. Selly Mantra Menjelaskan K3S selalu siap untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu untutk mendapatkan bantuan bedah rumah.

Direktur Bisnis Non Kredit Bank BPD Bali, I Nyoman Sumanaya mengatakan CSR bedah rumah yang diserahkan kali ini senilai 30 juta per unit. Bedah rumah ini merupakan anggaran tahun 2019, namun baru diserahkan di tahun ini.

Untuk di tahun 2020 untuk di Kota Denpasar bantuan bedah rumah dianggarkan sebanyak 7 unit, satuan 1 unit rumah sebesar Rp 50 juta.

Sementara Istri I Ketut Wijaya yakni Luh Taman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan bantuan bedah rumah. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Walikota IB Rai Mantra bersama Pemerintah Kota Denpasar yang juga memeperhatikan keberlanjutan ekonomi keluarga kami lewat bantuan peningkatan ekonomi, serta memberikan pendidikan untuk anak kami,” ujarnya. (ayu/humas-dps/bpn)