BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – SMP Nasional Denpasar mendapat kado spesial serangkaian hari jadinya ke-45. Sekolah ini menerima penghargaan bergengsi Tri Hita Karana Award dan Accreditation dari Yayasan Tri Hita Karana Bali. Penghargaan kategori gold ini diterima Kepala SMP Nasional Denpasar, Ni Putu Supadmi, S.Pd.

Penghargaan ini diterima mengingat SMP Nasional Denpasar di Jalan Tukad Yeh Aye No. 15 Panjer, mengimplementasikan konsep keseimbangan hidup dalam harmoni di lingkungan manajemen. Sesuai Pasal 5 Bab III UU RI No. 10 Tahun 2009 dan Global Code of Ethic for Tourism berdasarkan penilaian sepanjang 2018-2019.

Supadmi menuturkan, diraihnya penghargaan ini menjadi tantangan besar lewat konsep Tri Hita Karana (THK) untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih bermartabat, dalam mengembangkan aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, spritual maupun sosial seluruh warga sekolah. Ini sesuai dengan visi dan misi SMP Nasional Denpasar “Unggul dalam mutu berkarakter, berbudaya, berwawasan Tri Hita Karana’’.

Supadmi didampingi Waka kurikulum, I Gede Sutrisna, S.Pd.; Waka Kesiswaan dan Humas I Nyoman Kembaranada, S.Pd., dan Waka Sarana, I Nyoman Sulastra, S.Pd., menegaskan, THK pada dasarnya menekankan tiga hubungan manusia di dalam kehidupan ini. Ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan Tuhan yang saling terkait satu sama lain.

Dalam konsep parahyangan, di sekolah ini diterjemahkan lewat persembahyangan bersama setiap hari, dan perayaan atau yadnya pada hari-hari besar keagaman. Selanjutnya, dalam bidang pawongan hubungan manusia dengan manusia warga sekolah ditekankan saling menghargai dan tidak membully. Menumbuhkan kesadaran seluruh warga sekolah mentaati aturan tata tertib di sekolah. Sementara bidang palemahan hubungan manusia dengan lingkungan meningkatkan kesadaran dan disipilin serta tanggungjawab terhadap alam lingkungan sekolah dan sekitar sekolah.

Ia mengakui, implementasi THK ini sangat tepat sesuai dengan kondisi kekinian menghadapi revolusi industri 4.0 dan sangat membantu mengangkat citra positif sekolah. SMP Nasional Denpasar dibawah naungan Perdiknas Denpasar terus meningkatkan mutu pendidikan, sarana-prasarana dan SDM.

Di mutu pendidikan, tahun ini 246 siswa kelas IX disiapkan mengikuti UNBK mandiri. Sekolah menyiapkan 110 unit komputer. Di sarana, saat ini sedang merampungkan pembangunan gedung lantai III untuk 16 ruang belajar. Gedung baru akan mulai dioperasikan mulai tahun pelajaran depan.

Di peningkatan SDM, sekolah ini dikenal aktif di bidang pramuka, KSPAN, serta pusat informasi konseling remaja (PIKR). Tiap tahun sekolah ini rutin melaksanakan Spenas Scout Competition. Terbukti, prestasi siswanya juga moncer. Salah satu siswa, Desta masuk nominasi nasional lomba membuat puisi. Berikutnya juara II story telling atas nama Rasya dan juara II reporter tv atas nama Lianita.  Di gate ball juara di provinsi atas nama Clinton dan bersiap mengikuti kejuaraan nasional. Di bidang TIK meraih juara II Ms. Excel di Undiksha dan juara III Ms. Office di PNB atas nama Agus Giliana.

Sementara serangkaian HUT ke-45 SMP Nasional Denpasar, menurut Ketua Panitia HUT I Komang John Purnawan, S.Ag., M.Ag., digelar kegiatan ektern yakni Spenas Scout Conpetition. Kegiatan intern di antaranya lomba lagu pop duet dengan orangtua siswa, lomba yel-yel, tutor sebaya, lomba budaya (ogoh-ogoh mini), video pendek, tari kreasi dan kebersihan. Puncak HUT dilaksanakan pada Kamis 5 Desember mendatang.(tis/bpn)