BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perayaan HUT ke-32 LPD Bekul, Desa Penatih Dangin Puri, dirayakan sederhana namun meriah, Rabu (25/12/2019). HUT diisi dengan acara jalan sehat berhadiah. Sementara puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua LPD Bekul, I Made Sudarma, bersama Bendesa Adat Bekul, I Wayan Mantra, serta tokoh pendiri LPD Bekul, Wayan Biyeg.

Ketua LPD Bekul, I Made Sudarma, menjelaskan pertumbuhan bisnis LPD Bekul sangat baik. Salah satunya, pertumbuhan aset LPD dari Rp 45 miliar pada 2018 menjadi Rp 51 miliar pada tahun ini. Sementara kredit yang tersalurkan hingga akhir 2019 ke masyarakat mencapai Rp 24,4 miliar, dan laba LPD tahun 2019 mencapai Rp 2 miliar.

Sedangkan untuk modal LPD sendiri hingga tahun 2019, mencapai Rp 9 miliar lebih dari modal awal tahun 1987 hanya Rp 4,6 juta. Deposito mencapai Rp 16,2 miliar, dan tabungan Rp 19,9 miliar. “Pencapaian ini tentunya berkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat Desa Adat Bekul, yang tetap setia dengan LPD-nya sendiri,” ungkapknya.

Baca Juga :  Cara Raih Peluang Kerja di Tengah Pandemi

Yang menarik, LPD Bekul juga memiliki berbagai program tabungan yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yakni tabungan pelajar dan simpanan ngaben massal (Singa Mas). Tabungan ini menjadi program tabungan yang paling diminati masyarakat Desa Adat Bekul.

Bendesa Adat Bekul, I Wayan Mantra, yang sekaligus Ketua Pengawas LPD Bekul, mengapresiasi perkembangan LPD Bekul. Menurut Mantra, LPD merupakan salah satu unit usaha milik desa adat yang pengelolaannya mengacu pada kearifan lokal yang dipadukan dengan manajemen modern.

Begitu juga di Desa Adat Bekul, keberadaan LPD memiliki peranan dan manfaat bagi pembangunan sebuah desa adat, utamanya menyejahterakan krama adat. Hal ini juga dibarengi dengan pelayanan secara tulus dan prima kepada masyarakat, sehingga diharapkan terjalin hubungan yang semakin erat antara LPD dengan krama desa adat, yang merupakan pendukung utama bagi keberlangsungan operasional LPD.

Dengan begitu dalam pelaksanaan HUT tahun ini, menyelenggarakan kegiatan yang membidik masyarakat untuk meningkatkan rasa memiliki LPD. Serangkaian HUT masing-masing krama Desa Adat Bekul mendapatkan sembako dari LPD. Tiga banjar di Desa Adat Bekul yakni Banjar Gunung, Buaji dan Bekul, mendapatkan televisi untuk ditepatkan di tiap banjar. HUT juga diisi tirtayatra ke Pura Pemuteran, Pulaki, Melanting dan Pasar Agung. Sementara jalan sehat “dibanjiri” door prize dengan hadiah utama satu unit sepada gunung. (tis/bpn)