BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ajang pesta demokrasi tingkat desa Pemilihan Perbekel (Pilkel) Kota Denpasar Tahun 2019 secara serentak pada Minggu (27/10/2019) hari ini.  23 Desa di Denpasar, dengan total jumlah calon perbekel sebanyak 61 pendaftar resmi ditetapkan untuk mengikuti Pilkel sebagai calon perbekel (kepala desa) wilayah Denpasar.

Guna memastikan seluruh persiapan berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur, Pemkot Denpasar bersama stakeholder terkait melaksanakan pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Denpasar yang dipimpin langsung Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Ketua Panitia Pilkades serentak Kota Denpasar, I Made Toya, serta pimpinan OPD terkait di Lingkungan Kota Denpasar. Peninjauan pertama di TPS 3 Desa Dauh Puri Kauh di Banjar Tainsiat, TPS 1 Desa Dauh Puri Kangin di Banjar Gemeh TPS 2 Desa Sanur Kauh di Banjar Puseh Kauh dan TPS Banjar Kedaton Desa Sumerta Kelod, Sabtu (26/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota IGN. Jaya Negara meninjau satu persatu sarana dan prasarana yang menjadi kelengkapan TPS. Mulai dari lokasi bilik suara, tempat duduk saksi, lokasi kotak suara hingga tempat tinta pemilih.

Wakil Walikota Jaya Negara mengatakan bahwa pemantauan ini dilaksanakan guna memastikan seluruh persiapan di TPS sudah terlaksana dengan baik serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan denah memilih yang harus disesuaikan sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar. Jaya Negara juga mengajak seluruh masyarakat yang sudah berhak memilih untuk menggunakan hak pilih di TPS.

“Pemkot Denpasar bersama Forkompinda, Kepolisian, TNI, Kejari, Pengadilan dan DPRD sudah melaksanakan koordinasi dengan baik, dengan harapan pemilihan perbekel ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai. Dan saya menghimbau kepada masyarakat Kota Denpasar yang di desanya ada pemilihan perbekel untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya dengan baik serta harus saling menghargai hak pilih walau berbeda karena ini merupakan sebuah pesta demokrasi di tingkat desa,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Pilkades serentak Kota Denpasar, I Made Toya mengatakan, bahwa kesiapan seluruh TPS yang jumlahnya sebanyak 588 yang tersebar di empat kecamatan ini telah dilakukan pemantauan melalui PPK, PPS. Sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diminimalisir. Selain itu, pihaknya juga telah memastikan 254.069 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

“Dengan segala persiapan yang terus kami maksimalkan, tentunya kami berharap pelaksanaan pilkades serentak Kota Denpasar tahun 2019 ini dapat berjalan lancar, sukses dan kondusif, serta tentunya sesuai dengan aturan dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, dan rahasia,” terangnya. (ays’/humas-dps/bpn)