Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada UGM) berhasil mempertahankan gelar juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 yang berlangsung tanggal 27-30 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Bali.

Pengumuman juara disampaikan pada malam penutupan dan penganugerahan pemenang pada Jum’at (30/8/2019) malam di Taman Werdhi Budaya Art Center, Denpasar. Penyerahan piala bergilir Adhikarta Kertawidya dilakukan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Ismunandar kepada Wakil Rektor Bidaang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Prof Djagal Marseso Wiseno.

Pada PIMNAS kali ini UGM berhasil mendominasi perolehan medali yakni sebanya 26 medali meliputi 9 emas, 8 perak, serta 9 perunggu. Sementara urutan kedua dan ketiga secara berturut ditempati Institut Pertanian Bogor dan Universitas Diponegoro.

Djagal usai menerima piala juara umum PIMNAS menyampaikan ungkapan kegembiraan atas prestasi yang diraih kontingen PIMNAS UGM yang berhasil memperoleh kembali predikat juara umum seperti tahun 2018 lalu. Sukses mempertahankan gelar juara umum di tengah ketatnya persaingan kompetisi PIMNAS kali ini.

“Kita bersyukur karena UGM berhasil mempertahankan juara umum PIMNAS ke-32 ini,” ungkapnya.

Dia menyampaikan apresisasi kepada tim PKM UGM yang telah bekerja keras dalam kompetisi ini. Selain itu juga kepada dosen pendamping dan pembina yang telah melakukan pendampingan serta pembinaan yang cukup intensif dalam menyiapkan tim mahasiswa UGM dalam mengikuti PIMNAS kali ini.  Begitu pula kepada pimpinan fakultas, departemen dan pengelola laboratorium, serta banyak pihak yang telah mendukung kesuksesan UGM di PIMNAS 2019.

“Semoga capaian ini dapat menjadi pemacu bagi mahasiswa UGM lainnya untuk terus berpretasi di masa mendatang,”harapnya.

Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman Ph.D., menambahkan dalam PIMNAS ke-32 ini UGM berhasil meloloskan 25 tim yang melaju hingga babak final. Dari delegasi tersebut berhasil mendapatkan 26 medali dengan perincian 9 medali emas berasal dari 4 medali kategori presentasi dan  5 medali kategori poster.

Berikutnya, 8 medali perak meliputi 5 medali kategori presentasi dan 3 medali kategori poster. Sedangkan 9 medali perunggu berasal dari 4 medali kategori presentasi dan 5 medali kategori poster.

PIMNAS ke-32 merupakan kompetisi mahasiswa nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti sebagai ajag penanaman jiwa nasionalisme mahasiswa. Dari kegatan ini diharapkan menjadi cikal bakal kelahira invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa dan nantinya dapat dikembangkan menuju produk skala industri. Dalam penyelenggaraan kali ini dikuti sebanyak 460 judul karya ilmiah dari 126 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. (ika/humas-ugm/bpn)

loading...