BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Jadi ST. Eka Dharma Canti (ST.EDC), Br. Yangbatu Kauh ke-58 Tahun 2019, beragam kegiatan turut digelar. Mengawali seluruh rangkaian tersebut digelar Aksi Bersih Pura dan Penanaman Pohon Kelapa Upakara di Kawasan Pura Dalem Nyanggelan Yangbatu, Minggu (4/8/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perbekel Desa Dangin Puri Klod, I Made Sada, Klian Adat Banjar Yangbatu Kauh, Kepala Dusun Se-Desa Dangin Puri Klod, PSM Desa Dangin Puri Klod, KKN Mahasiswa serta Anggota ST. Eka Dharma Canti, Banjar Yangbatu Kauh.

Ketua ST. Eka Dharma Canti, I Putu Oka Mahendra didampingi Ketua Panitia, I Gede Wikananda menjelaskan bahwa serangkaian Hut Proklamasi Kemerdekaan RI dan Hut ST. Eka Dharma Canti digelar beragam kegiatan. Dimana mengawali seluruh rangkaian tersebut turut digelar Bersih Pura dan Penanaman Kelapa Upakara.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bersih-bersih pura dilaksanakan sebagai upaya untuk tetap menjaga kesucian pura sebagai tempat yang disucikan. Selain itu, dengan bersih-bersih dan bergotong royong diharapkan mampu meningiatkan kesadaran dan kebersamaan untuk menjaga kesucian dan kebersihan pura.

Baca Juga :  Rai Mantra Serahkan Bantuan Kepada Warga Kurang Mampu

Sedangkan berkenaan dengan penanaman Pohon Kelapa Upakara dilaksanakan sebagai upaya untuk terus memberikan dukungan serta penguatan keragaman adat masyarakat Hindu. Dimana Buah Kelapa mulai dari batang hingga buahnya sangatlah bermanfaat menjadi sarana upakara Hindu.

“Tentunya dalam aksi ini kami tidak ingin hanya sekadra berkegiatan, melainkan wajib memberikan kemanfaatan yang makdimal dam penguatan agama dan kebudayaan Bali,” terangnya.

Sementara Perbekel Desa Dangin Puri Klod, I Made Sada menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Dimana, dengan ikut menjaga kebersihan serta penanaman Pohon Kelapa Upakara ini merupakan cerminan Tri Hita Karana sebagai landasan dalam keharmonisan.

Serta selain itu, kegiatan ini juga ssngat produktif serta edukatif untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keseimbangan alam dan penguatana adat budaya Bali.

“Terimakasih atas psrtisipasinya dan semoga kegiatan ini daoat secara rutin dilaksanakan bersama-sama serta menjadi contoh bagi seluruh STT dan elemen masyarakat di Desa Dangin Puri Klod untuk ikut peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan yang saling mendukung dalan penguatan kebudayaan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Korem 163/Wira Satya Ikuti Sosialisasi Sistem Pembayaran Digital Berbasis QRIS

Untuk diketahui bahwa serangkaian menyambut Hut Proklamasi dan Hut ST.EDC juga digelar Utsawa Dharma Budaya III dengan sajian bergam kegiatan. Mulai dari Lomba Menggambar dan Mewarnai, Nyurat Aksara Bali, Workshop Ukir Kertas, Teruni Majejahitan, Lomba Ngulat Klakat dan Ngulat Tipat serta Pentas Seni Budaya. (ags/humas-dps/bpn).