BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah berlangsung selama 3 hari akhirnya Utsawa Darma Gita 2019 ditutup oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov. Bali I Wayan Suarjana di Gedung Ksirarnawa Art Centre Denpasar, Kamis (1/8/2019) yang lalu dengan Badung sebagai Juara Umum I Utsawa Dharma Gita 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana beserta Perangkat Daerah  Prov. Bali, para Dewan Juri, sementara dari Kabupaten Badung hadir Kadis Kebudayaan Badung IB. Anom Basma beserta staf.

Kadis Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Utsawa Dharma Gita  bertujuan mencari wakil atau delegasi dari Provinsi Bali untuk dilombakan di tingkat nasional tahun 2020.

“Utsawa Dharma Gita  ini diikuti 502 peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Bali yang terbagi dalam 37 kategori dan 9 jenis lomba diantaranya pembacaan sloka, palawakya, kakawin, kidung, geguritan, dharma wacana berbahasa Bali, dharma wacana berbahasa Inggris, dharma widya, dan menghafal sloka telah mendapatkan hasilnya, Kami berharap ajang ini bisa berdampak positif bagi pembangunan manusia Bali. Kedepannya Utsawa Darma Gita agar dikuatkan lagi dengan adanya satu tema khusus yang diusung dalam tiap tahunnya,” lapornya.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Minta Gerakan Pramuka Lebih Adaptif Terhadap Perkembangan Zaman

Sementara itu, Kadis Kebudayaan Badung IB. Anom Basma dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh duta Badung yang sudah berjuang dan memberikan yang terbaik kepada Badung. “Tidak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada para pembina Utsawa Darma Gita Badung yang sudah membina dan mendidik duta Badung sehingga mencapai hasil seperti hari ini. Ini merupakan hadiah di Hari Raya Kuningan untuk Badung,” ungkapnya.

Lebih lanjut IB. Anom Basma mengatakan Badung dapat meraih semua katagori yang dilombakan kali ini dengan perolehan 18 emas, 14 perak dan 2 perunggu. “Prestasi ini tidak terlepas dari Komitmen Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta yang selalu memberi dukungan secara penuh terhadap adat, agama, seni dan budaya seperti yang tertuang dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Kami berharap Badung dapat mempertahankan prestasi ini tahun depan, kami menyadari tantangan itu pasti ada, tapi kami akan selalu dan terus berjuang untuk mewujudkan ajeg Bali dari Badung,” paparnya.

Tropy juara Umum 1 Utsawa Darma Gita 2019 diserahkan oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov. Bali I Wayan Suarjana, dan diterima Langsung oleh Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudhiasa.

Baca Juga :  KPU Denpasar Ingatkan Paslon Soal Laporan Dana Kampanye

Perolehan 18 emas Badung berasal dari : 1. Kidung Remaja, 2. Kidung Dewasa, 3. Geguritan remaja putri,  4. Membaca sloka anak putri, 5. Membaca sloka dewasa putri , 6. Palawakya remaja putri , 7. Palawakya dewasa putra 8. Kekawin remaja putri, 9. Kekawin dewasa putri, 10. Dharma widya SMA , 11. Dharma widya SMP, 12. Dharma wacana bhs inggris remaja putri, 13. Dharma wacana bhs inggris remaja putra, 14. Dharma wacana bhs inggris dewasa putri, 15. Dharma wacana bhs inggris dewasa putra, 16. Dharma wacana bhs bali remaja putri, 17. Dharma wacana bhs bali dewasa putri, 18. Menghafal sloka anak.

Untuk 14 perak terdiri dari: 1. Kidung anak, 2. Geguritan anak putra, 3. Geguritan remaja putra, 4. Membaca sloka anak putra, 5. Membaca sloka remaja putri, 6. Membaca sloka dewasa putra, 7. Palawakya remaja putra, 8. Palawakya dewasa putri, 9. Kekawin remaja putra, 10. Kekawin dewasa putra, 11. Dharma wacana Bahasa Bali anak putra, 12. Dharma wacana Bahasa Bali remaja putra, 13. Menghafal sloka remaja, 14. Menghafal sloka dewasa serta 2 perunggu yaitu 2 dari: 1. Geguritan anak putri, 2. Dharma wacana Bahasa Bali.(humas-bdg/bpn)