BALIPORTALNEWS.COM, JATINANGOR – Universitas Padjadjaran meraih dua juara pada Lomba Video Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019.

Dua juara tersebut antara lain juara III Lomba Video Humas Perguruan Tinggi Kemenristekdikti yang diraih tim dari Kantor Komunikasi Publik Unpad serta juara I Lomba Video Mahasiswa bertema “Sadar Bencana” Kemenristekdikti yang diraih mahasiswa program studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Mochamad Ryo Arbani.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bertepatan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Rotunda Universitas Indonesia, Depok, Kamis (2/5/2019). Untuk penghargaan Lomba Humas, penyerahan dilakukan Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir  didampingi oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ismunandar kepada Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Syauqy Lukman, M.S.M.

“Alhamdulillah karya dari tim Kantor Komunikasi Publik Unpad, diapresiasi oleh Kemenristekdikti. Pembuatan video ini sebenarnya sudah menjadi aktifitas rutin di Kantor Komunikasi Publik. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dan secara langsung menunjukan bahwa kinerja kami sudah diakui di level nasional. Mudah mudahan ini menjadi pemicu motivasi,” ujar Syauqy.

Pada kategori lomba video Humas dengan tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”, tim KKP Unpad mengirimkan video dengan judul “Impact Entrepreneur, Upaya Unpad Bangun Pondasi Manusia Unggul”.

Video yang diproduksi oleh Purnomo Sidik, Marlia, Krisna Eka Pratama dan Denden Firman Arief ini mengangkat peran Unpad melalui program “Impact Entrepreneur”. Program tersebut digagas oleh Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Dr. Dwi Purnomo, M.T., dan menghadirkan mahasiswa serta alumni peserta program tersebut, yaitu Dea Annisa (FTIP) dan Muhammad Rijaldi (FTIP).

Program Impact Enterpreneur adalah program yang dilakukan dalam 16 tahapan dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan, keilmuan, jejaring dan kapabilitas yang unggul untuk membangun berbasis riset dan teknologi, serta membangun usahanya dengan model bisnis usaha sosial.

Tahapan tersebut dikategorikan menjadi 4 kelompok besar yang dimulai dengan tahapan pra hilirisasi riset, perancangan bisnis, validasi bisnis, pemantapan teknologi dan yang terakhir adalah pengembangan skala dan dampak bagi masyarakat.

Sementara pada Lomba Video Mahasiswa, Mochamad Ryo Arbani, mengirimkan video berjudul “Menyosor Tanah Longsor”.(humas-unpad/bpn)