BALIPORTALNEWS.COM – Empat tim robot UGM berhasil lolos melaju ke Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional yang akan dihelat di Universitas Dian Nuswantoro Semarang sekitar bulan Juni 2019 mendatang.

Dalam KRI Regional III di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto tanggal 27 April 2019 kemarin UGM berhasil meloloskan tiga tim robotnya dalam tiga besar sehingga lolos ke KRI tingkat nasional. Ketiga tim tersebut adalah tim Heroes yang berhasil meraih juara 2 divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), tim Alfan juara 3 divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan tim Alfarobi juara 3 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.

“Ada tiga tim robot UGM yang berhasil lolos di KRI Regional III kemarin dan ditambah 1 tim robot tematik UGM diundang mengikuti KRI Nasional divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI). Jadi ada empat tim robot yang masuk final KRI Nasional mendatang ,” jelas Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Suherman, Jum’at (3/5/2019) di UGM.

KRI Nasional mempertandingkan 5 divisi lomba yaitu Kontes Robot Abu Indoensia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, serta Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Namun pada kontes robotika nasional mendatang akan diperlombakan 1 divisi baru yaitu Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI). Divisi ini merupakan kategori baru yang pertama kali dilombakan di KRI Nasional.

Suherman mengatakan dalam KRI Regional III UGM menurunkan 5 tim robot untuk bertanding dalam 5 divisi kompetisi yang berbeda. Tim tersebut adalah tim Heroes di divisi KRAI, tim Alfan di divisi KRSTI, tim Alfarobi di KRSBI Humanoid, tim Al Fatih di divisi KRPAI, serta tim Fukoro di KRSBI Beroda. Tim Heroes Alfan, dan Alfarobi berhasil lolos ke nasional. Sementara langkah tim Al Fatih dan Fukuro terpaksa terhenti di 8 besar.

“Dalam waktu yang 1,5 bulan ini kita siapkan 4 tim robot UGM dengan sebaik-baiknya agar nantinya dapat berlaga maksimal di KRI Nasional,” tuturnya.

KRI merupakan kompetisi robotika yang digelar Ditjen Belmawa Kemenristekdikti. Gelaran KRI 2019 Regional III diikuti 81 tim dari 34 perguruan tinggi negeri maupun swasta  di wilayah Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan. (ika/humas-ugm/bpn)

loading...