BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puncak perayaan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Denpasar 2019 berlangsung semarak dengan penampilan 1.000 penari Pendet di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Selasa (28/5/2019) malam.

Semarak acara semakin memuncak dengan riuh tepuk tangan penonton saat penampilan kreatifitas seni dari siswa PAUD se-Kota Denpasar dengan membawakan Fragmentari yang berjudul ‘Somya’.

Tak ketinggalan, Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra bersama Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara pun turut ambil bagian dalam pementasan 1.000 Tari Pendet dan Fragmentari ‘Somya’ tersebut.

Hadir sekaligus menutup Gebyar PAUD Kota Denpasar, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Camat Se- Kota Denpasar, serta undangan lainya. Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan Pelantikan Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Timur serta penyerahan piala bagi pemenang lomba.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menekankan beberapa poin yang harus tetap menjadi pedoman pelaksanaan PAUD di Kota Denpasar. Dimana salah satunya yakni para pendidik harus menyadari pentingnya kehadiran PAUD di tengah masyarakat. Hal ini lantaran PAUD merupakan pendidikan pra pendidikan yang merupakan persiapan bagi anak-anak  untuk menyongsong pendidikan selanjutnya.

“Keberadaan PAUD juga penting dalam menggali potensi dan kreatifitas anak-anak, serta menjadi wahana untuk pendidikan karakter dan transformasi budaya untuk anak usia dini, serta memberikan edukasi agar anak-anak tidak dimanja dengan gadget,” jelasnnya.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra turut memuji keceriaan dan semangat para guru saat membawakan Tari Rejang Renteng. Hal itu menunukan besarnya semangat para guru PAUD di Kota Denpasar dalam upaya menggali potensi dan meningkatkan pendidikan usia dini di Kota Denpasar. “Kalau gurunya gembira, siswanya pasti akan gembira dalam menerima pembelajaran, itulah yang wajib ditunjukan para guru, utamanya guru PAUD,” ujarnya.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra memberikan penghargaan atas pelaksanaan Lomba Kreativitas Anak dan Pendidik PAUD Kota Denpasar Tahun 2019. Kegiatan ini penting untuk terus dilaksanakan dimana kegiatan yang mengutamakan pendidikan anak usia dini ini merupakan upaya untuk mewujudkan karakter anak yang lebih baik. “Selain sebagai sarana mengembangkan mental, kecerdasan dan bakat anak, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi berbagai program PAUD kepada masyarakat menuju PAUD berkualitas di Kota Denpasar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, memperluas akses pendidikan anak usia dini yang berkualitas merupakan investasi cerdas yang dapat dilaksanakan bersama. Menyediakan PAUD yang berkualitas bagi anak sangat penting.

“Penyelenggaraan lomba kreativitas PAUD memberikan ruang bagi anak, orang tua, dan pendidik PAUD untuk berkreativitas. Kreativitas yang dikemas dalam lomba ini juga membangun jiwa sportifitas dan juga sebagai media untuk saling mengenal, bertukar pengalaman dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini. Pada akhirnya kita bersama memiliki tekad  dan menyatukan gerak dan langkah mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Kita berharap tidak lagi ada praktek salah dalam penyelenggaran PAUD. Mari kita saling berbagi ilmu dan pengalaman baik dalam penyelenggraan PAUD di Kota Denpasar,” kata Selly D. Mantra.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kota Denpasar, AA Made Wijaya didampingi Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini mengatakan bahwa Gebyar PAUD yang kali ini mengangkat tema ‘Somya’ ini merupakan puncak apresiasi terhadap prestas dan evaluasi dari sebuah pembinaan PAUD. Adapun Somya sendiri merupakan bentuk netralisasi alam semesta dengan mengutamakan tentang kearifan alam Budaya Bali dalam mengatasi hama dan plastik serta kesadaran lingkungan.

Pihaknya menambahkan, dalam gebyar PAUD kali ini dimeriahkan beragam kegiatan mulai dari Lomba Aktivitas dan Kreatifitas Anak Didik dan Pendidik PAUD yang diikuti oleh 444 peserta dari anak didik hingga pendidik PAUD yang dilaksanakan pada Senin, (27/5/2019) kemarin, dilanjutkan dengan Puncak Gebyar PAUD dengan penampilan 1.000 Penari Pendet serta Kreatifitas Anak Didik dan Pendidik PAUD se-Kota Denpasar.  (ags/humas-dps/bpn)

loading...