BALIPORTALNEWS.COM – Mahasiswa Fakultas Teknik Pertanian (FTP) UGM terpilih menjadi delegasi Indonesia dalam Hanyang International Winter School di Hanyang University, Korea Selatan.

Adalah Shafira Septyastuti, mahasiswi Departemen Teknik Pertanian dan Biossistem angkatan 2015 yang berhasil turut serta dalam program pertukaran mahasiswa yang berlangsung pada 17 Januari hingga 2 Februari 2019 kemarin. Selain Shafira, terdapat mahasiswa dari UI yang terpilih mengikuti program tersebut sebagai perwakilan dari Indonesia.

“Program ini juga diikuti sejumlah  mahasiswa dari  Australia, China, Singapura dan Yunani,” ungkapnya, Senin (29/4/2019) di Kampus UGM.

Sahfira menjelaskan terdapat beberapa  mata kuliah yang ditawarkan dalam program kuliah di musim dingin tersebut. Salah satu mata kuliah yang diambilnya adalah startegic managament yang berkesesuaian dengan ilmu yang dipelajari di bidang Teknik Pertanian.

Dia menyebutkan bahwa ada perbedaan sistem perkuliahan di Korea Selatan dengan Indonesia. Dalam perkuliahan, mahasiswa dituntut aktif melakukan presentasi di kelas. Tak hanya itu, mahasiswa juga dituntut untuk selalu belajar setiap hari karena seblum memulai perkuliahan diadakan kuis terlebih dahulu. 

Mengikuti kuliah di saat musim dingin tidak semudah yang dibayangkan, tetapi hal itu menjadi pengalaman berharga yang tidak ditemukan di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Pangapti: Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjuangan Trans-Bali 1963 di Pelosok Way Kanan Lampung

Selain mengikuti perkuliahan di kelas, peserta program juga berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat budaya di Korea Selatan. Belajar budaya Korea dan juga belajar bermain ski.

Shafira mengaku mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti program ini. Salah satunya menambah jejaring dengan teman dari negara lain, tidak hanya dari Korea saja, tetapi juga dari Australia hingga Yunani pun ada. Disamping hal tersebut juga mengetahui kehidupan dan budaya masyarakat Korea. (ika/humas-ugm/bpn)