Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Santrian Art Gallery di Griya Santrian a Beach Resort and Spa mempersembahkan pameran ARC of BALI Reload Project #2019 bertema Inner Expression.

Program kurasi ini adalah serangkaian dari kelanjutan program ARC of BALI Art Award yang telah terselenggara sejak tahun 2018, dan merupakan program rutin dua tahunan yang mengangkat potensi perupa pemula (emerging artists).

Di sela-sela periode tersebut, pada tahun 2019 ini, diselenggarakan program-program pameran yang melibatkan perupa-perupa yang memperoleh the best five (5 terbaik), dan seluruh perupa nominator. Pameran dibuat menjadi beberapa program dengan menggabungkan kecenderungan karya, penyelenggaraannya bekerjasama dengan beberapa venue di Bali dan di luar Bali.

Program ini merupakan wujud nyata dari penyelenggara untuk menyiapkan serangkaian skema operasional untuk karya-karya terpilih dapat berkembang dan membuka peluang bagi perupa dapat menapaki eksistensi dan orientasi karir ke depannya. Kerangka kurasi yang disiapkan dalam program ini, bertujuan memberi pendampingan untuk memperkuat gagasan visual dan mendorong perupa untuk melakukan riset-riset visual. Sehingga karya yang dihadirkan merupakan hasil olah rupa yang dibarengi dengan konsepsi yang mumpuni.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara ‘Ngaturang Bhakti Pujawali’ di Pura Agung Lokanatha Denpasar

INNER EXPRESSION atau ungkapan batin adalah kerangka kuratorial yang mencoba mempertemukan para peserta ARC of Bali dengan para peserta undangan terpilih dalam satu ruang pameran.

Frame kuratorial ini hadir sebagai sebuah gagasan untuk melihat dan menelisik kekaryaan para peserta yang terlibat dalam pameran ini dimana terdiri dari para perupa dengan kecenderungan abstrak(si) maupun karya yang cenderung dekoratif. Proses penciptaan karya abstrak maupun dekoratif sesungguhnya jika ditelisik lebih jauh memperlihatkan fokus persoalan dan pergulatan perupa atas aspek formalistik tentu saja tanpa bermagsud mengabaikan aspek konteks tematik di dalam karya masing–masing perupa.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Dalam karya–karya abstrak(si) kita melihat bagaimana para perupa berproses menggamit berbagai aspek elementer yang dikontruksi sedemikian rupa, ternalarkan dalam persepsi artistik masing–masing perupa menjadi sebuah struktur kerupaan yang utuh, khas, dan berlapis. Realitas (alam) dihadirkan tidak sebagai realitas objektifnya secara representasional tetapi hadir dalam esensi kerupaanya atau terkadang hanya menjadi stimulus atas proses kreatif.

Demikian pula dengan kecenderungan kecenderungan karya yang bersifat dekoratif ataupun naivisme, realitas objektif tidak dihadirkan secara representasional melainkan dengan pendekatan abstraksi (penyederhanaan) deformasi (pembongkaran struktur) ,stilirisasi dan lain sebagainya.

Baca Juga :  TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri

Pendek kata dalam seni abstrak dan dekoratif kita melihat bagaimana perupa bermain dengan khusuk pada wilayah kerupaan itu sendiri. Aspek aspek rupa dimainkan, diolah, dijelajah, dengan kemampuan dan nalar visual masing–masing perupa. Sehingga yang hadir bukan semata salinan atas realitas yang ada di luar diri perupa, namun lebih pada pengendapan apa yang terjadi di dalam (batin) perupa.

Pada titik inilah frame kuratorial ini hadir sebagai rangkuman atas apa yang dihadirkan perupa dalam karya–karyanya, sehingga bukan sebuah kebetulan yang dipaksakan kenapa para perupa ini harus hadir dalam satu ruang dan momentum presentasi bernama pameran.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News