Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai upaya untuk terus memupuk semangat dan tanggung jawab terhadap kinerja satpam, Astra Motor Bali bekerjasama dengan Binmas Polresta Denpasar mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada petugas satpam yang berlangsung di kantor Astra Motor Jl. Cokroaminoto, Rabu (13/2/2019) lalu.

Pembinaan satpam yang diikuti 30 terdiri dari satpam yang bertugas di Gudang Megati, gudang induk Cokroaminoto dan satpam yang bertugas di Office Astra Motor.

Kegiatan pembinaan yang berlangsung setengah hari ini merupakan salah satu program dari pihak kepolisian yang bertajuk “Aksara” atau yang di sebut Apel Konsolidasi Satpam setiap Rabu.

Penyuluhan yang diberikan meliputi pengarahan fungsi dan tugas satpam di lingkungan perusahaan, peningkatan keterampilan, peraturan baris berbaris, tehnik penangkapan dan penggeledahan serta informasi perkembangan situasi  yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga :  298 Ribu Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan Tepat Waktu di Kanwil DJP Bali

Wakasat Binmas AKP Putra Adnyana, memberikan materi untuk mengingatkan kembali tentang segala hal yang pernah diterima saat mengikuti pelatihan/pendidikan pengetahuan tentang satpam. Kemudian dilanjutkan  dengan merefres kelengkapan petugas satpam, keterampilan memeriksa/ menggeledah untuk mewaspadai gejala-gejala yang menyebabkan kerawanan.

“Perlunya kewaspadaan yang tinggi yang harus dimiliki oleh seluruh petugas keamanan, dengan pelatihan ini diharapkan dapat melakukan tugas-tugas keamanan di lingkungan perusahaan dengan baik, memberikan informasi tambahan mengenai perkembangan yang terkini dan jika ada gangguan dapat segera melaporkan kekepolisian, sehingga hubungan emosional tetap terjalin dengan baik,” ungkap AKP Putra Adnyana.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Salurkan 107 Paket Bantuan Sembako Kepada Jumantik Kecamatan Dentim, Bentuk Apresiasi Sebagai Garda Terdepan Cegah DBD

Satpam setidaknya mempunyai dua tugas utama, pertama membantu pengamanan perusahaan tempat bekerja, yang kedua membantu kepolisian mencipktakan keamanan lingkungan.

“Kami sangat berterima kasih atas support dari pihak kepolisian yang telah memberikan pembinaan kepada petugas satpam Astra Motor, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kewaspadaan, disiplin, dan tentunya membantu kepolisian menciptakan keamanan lingkungan,” ungkap Ketut  Subrata selaku Chief Security Astra Motor Bali

Pada akhir acara pihak kepolisian Binmas Polresta Denpasar menyerahkan borgol yang berfungsi sebagai alat penahan untuk menyatukan kedua pergelangan tangan sebagai salah satu kelengkapan seragam satpam. Selain itu juga di serahkan lampu stick lalulintas yang biasa digunakan polisi  sebagai pengatur lalu lintas dan mengatur penyeberangan pengendara. (myn/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News